by

Secepatnya Usul PSBB

Ambon, BKA- Sekertaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang, mengatakan, secepatnya akan mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bagi wilayah Kota Ambon ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI).

Dalam hal ini, katanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah menyurati Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, sejak kemarin, agar segera mengulkan PSBB.

Namun, jelasnya, untuk melakukan pengusulan PSBB ke Kemenkes RI, sebelumnya harus ada rapat konsultasi bersama antara Pemkot dan Pemprov.

Untuk itu, hari ini, akan dilakukan pertemuan antara Pemprov Maluku dengan Pemkot Ambon guna membahas persoalan PSBB. “Kami diundang oleh teman-teman Pemkot (Ambon) dalam rangka mempresentasikan soal PSBB,” katanya.

Untuk sementara waktu, lanjutnya, karena belum ada pengusulan PSBB bagi Kota Ambon ke Pemerintah Pusat, maka Pembatasan Sosial Berskala Regional (PSBR) diperpanjang sampai pada 1 Mei mendatang.

“PSBR di perpanjang karena sampai sekarang belum ada PSBB. Selama belum ada PSBB, maka PSBR diperpanjang sampai 1 Mei,” katanya.

Kasrul menambahkan, Kota Ambon ditetapkan sebagai kawasan Zona Merah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), karena sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Menhub) No 25 tahun 2020.

“Kita (Pemerintah) Maluku lihat Kota Ambon merah, karna sudah terjadi transmisi lokal. Artinya kita tidak melakukan perjalanan pun, tapi sudah ada yang kena Covid-19. Itu Semua ada pada Permenhub Nomor 25 terkait zona merah,” jelasnya.

Selain itu, katanya, penetapan Kota Ambon sebagai Zona Merah Covid-19 itu karena kerawanan. “Jadi zona merah ini menunjukkan itu daerah kerentanan. Namanya transmisi lokal. Misalnya tidak pernah melakukan apa-apa, tapi kena Covid-19. Itu yang namanya transmisi lokal. Kalau misalnya dari Jakarta yang kena, itu berarti temannya yang import bawa masuk. Namun ini, kita tidak ke mana-mana, tapi kita kena Covid-19,” pungkasnya.

Untuk itu, lanjut Kasrul yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Provinsi Maluku, akan secepatnya melakukan pengusulan PSBB ke Kemenkes RI untuk Kota Ambon.(BKA-1)

Comment