by

Sekolah Akan Konsisten Dengan Sistem Zonasi

Ambon, BKA- Sekolah akan konsisten dengan sistem zonasi pada tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021. Hal itu disampaikan Kepala SD Inpres 28 Nania, Stev Salmon, Rabu (17/6).

PPDB, kata Salmon, harus sejalan dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 tentang ( PPDB), yakni, tetap mengacu pada sistem zonasi.

Memang ada beberapa perubahan pada PPDB tahun ini, namun semuanya telah dijelaskan. “Jadi pada sistem zonasi nanti, akan menerima minimal 90 persen siswa baru yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah. Supaya ada pemerataan siswa di semua sekolah. Dan itu, kita mendukung dan tetap konsisten dalam penerapannya,” ujarnya.

Dengan penerapan sistem zonasi tersebut, katanya, selain untuk pemerataan siswa, juga dapat membantu orangtua dalam pengawasan anak ke sekolah.

“Kita harus mendukung pemerintah. Dalah hal ini, Dinas Pendidikan (Disdik) yang menganjurkan untuk mengikuti sistem zonasi ini. Karena jika zonasi dilakukan dengan baik, maka jarak siswa dari tempat tinggal ke sekolah lebih dekat. Dengan demikian, orang tua juga mudah mengurus anaknya. Jadi, SD Inpres 28 sangat mendukung penuh upaya pemerintah dalam penerapan sistem zonas, dengan tetap konsisten melakukannya,” ucapnya.

Sesuai aturan, memang siswa bisa mendaftar pada sekolah diluar zonasi. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi, sesuai Permendikbud hasil keputusan 10 Desember 2019 lalu itu.

“Jadi, jika ingin melewati zonasi, maka syarat pun berlaku, yakni, anak harus punya prestasi, minimal berada di peringkat lima atau karena pindah domisili,” tutup Salmon. (LAM)

Comment