by

Sekolah Akan Siapkan Strategi KBM

Ambon, BKA- Sekolah akan menyiapkan strategi pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun ajaran 2020/2021 pada yang akan dimulai pada Juli mendatang.

Kepala SD Negeri Negeri Lama, S. Wakano, mengatakan, tentu strategi KBM yang disiapkan itu masih berhubungan dengan upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dilingkungan sekolah, apabila proses KBM dilaksanakan di sekolah.

“Misalnya, yang diutamakan adalah memakai masker, mencuci tangan, dan harus mejaga jarak. Ini yang menjadi kendala nanti kalau tidak kita perhatikan. Terutama adalah mengantisipasi siswa baru,” ujar Wakano, Sabtu (30/5).

Untuk kelas II hingga kelas VI, kata Wakano, mereka sudah terbiasa dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), termasuk berbagai pembelajaran bermakna selama penyebaran Covid-19. Sehingga mereka sudah mulai mengetahui langkah-langkah dasar pencegahan virus corona. Berbeda dengan siswa baru, yang harus membutuhkan kesiapan penuh dari sekolah.

“Inilah yang harus kita lihat. Kalau siswa kelas II sampai VI, mereka sudah terbiasa dengan PJJ. Mereka sudah tahu, kenapa mereka belajar di rumah, dan tidak keluar rumah. Tapi untuk siswa baru, kita sudah berembuk, apapun yang terjadi, mereka harus diperhatikan dengan baik,” ungkapnya.

Saat ini, lanjutnya, hal-hal yang berkaitan dengan pecegahan Covid-19, tengah disiapkan. Sehingga pada tahun ajaran baru mendatang, semua dipastikan akan berjalan lancar dan aman.

“Kalau kita SD Negeri Negeri Lama itu tidak ada kendala. Untuk mengatur jarak, kita bisa atur. Khususnya untuk siswa kelas 1. Karena itu, sekarang ini sementara dilakukan pendekatan individual dengan memakai jarak. Walaupun sudah ada aturan-aturan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Walikota dan Dinas Pendidikan, tapi secara internal, sekolah juga harus punya strategi yang mengacu pada protokoler kesehatan,” pungkasnya. (LAM)

Comment