by

Sekolah Butuh Kepastian Belajar Tatap Muka

Ambon, BKA- Sejumlah sekolah di Kota Ambon hingga saat ini terus berharap, secepatnya proses belajar mengejar dapat kembali dilakukan secara tatap muka di sekolah.

Kepala SD Negeri 3 Ambon, Lin Was, mengatakan, dengan perkembangan Covid-19 di Maluku, khususnya Kota Ambon, memang belum dapat dipastikan kapan proses belajar dapat kembali normal.

Namun hal itu, katanya, jangan lantas membiarkan anak tetap larut belajar jarak jauh. Apalagi kondisi saat ini anak-anak sudah jenuh dengan proses pembelajaran tersebut.

“Anak-anak sudah jenuh, jadi apapun pola belajar yang kita lakukan, tidak bisa berdampak lagi. Karena bukan baru sekarang, tapi dari pertengahan tahun itu mereka sudah minta belajar tatap muka. Kasihan, hingga saat ini mereka terus mengeluh. Memang Kota Ambon masih zona orange, dan sesuai aturan, belum bisa belajar tatap muka. Tapi kan tidak bisa mengabaikan kebutuhan anak-anak ini, sebab sekarang ini, rata-rata semua anak sekolah ingin adanya kepastian, kapan belajar tatap muka mulai dilakukan. Dan ini tidak bisa dibiarkan begini saja. Paling tidak, ada langkah-langkah pemerintah untuk menjawab kebutuhan anak sekolah, disamping upaya memutus Covid-19,” pinta Was, Jumat (20/11)

Terhadap semua kebijakan pemerintah yang dikeluarkan lewat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, katanya, akan sangat membantu sekolah di tengah pandemi ini. Namun semua kebijakan tersebut, jika diterapkan semakin lama, dikhawatirkan tidak lagi menjawab kebutuhan belajar siswa.

Untuk itu, Was meminta, meskipun masih dalam masa pandemi, namun pemerintah dapat mengambil kebijakan untuk mengatasi persoalan saat ini, agar anak-anak tidak tertinggal dalam proses belajar.

“Kalau bisa, ada kepastian soal belajar tatap muka. Supaya anak-anak juga bisa tahu. Saya kira, kalau siswa dan orangtua tahu, nantinya ada belajar tatap muka, akan dapat membuat mereka kembali semangat belajar. Artinya, pasti sekolah pun arahkan untuk tetap belajar di rumah sampai selesai tahun 2020. Awal tahun 2021 sudah buka sekolah. Saya kira itu yang diharapkan. Supaya kita tidak kewalahan mengatur anak-anak. Apalagi orangtua, banyak yang sudah jenuh dampingi anak mereka saat belajar. Semoga dalam waktu dekat ini, sudah ada kebijakan Disdik soal belajar tatap muka,” pungkas Was. (LAM)

Comment