by

Sekolah Jadwalkan Pendampingan Belajar Luring

Ambon, BKA- SD Negeri 72 Ambon membuat penjadwalan pendampingan proses belajar siswa secara Luar Jaringan (Luring) setiap hari.

Rencananya, setiap hari, seorang guru akan dijadwalkan untuk melakukan kunjungan ke rumah-rumah siswa, untuk memastikan proses belajar secara Luring berjalan dengan baik.

Kepala SD Negeri 72 Ambon, Rina Malawau, hal itu penting untuk dilakukan, karena semua siswa sudah dilengkapi dengan LKS gratis dan modul pembelajaran untuk proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tahun ajaran baru 2020/2021.

” Itu teknis PJJ kita pada tahun pelajaran 2020/2021. Sehingga semua siswa dilengkapi dengan buku LKS gratis dan modul pembelajaran,” ujarnya, Jumat (7/8).

Dengan adanya buku-buku tersebut, maka proses pembelajaran tinggal disesuaikan dengan kesiapan para siswa.

Menurutnya, siswa yang memiliki fasilitas Daring, akan belajar lewat aplikasi. Sementara untuk siswa yang tidak memiliki fasilitas, akan belajar Luring lewat buku-buku yang ada.

“Jadi pembelajaran online dibuka dengan aplikasi zoom, kemudian tugas-tugas yang dikerjakan siswa di kirim melalui aplikasi wathsaapp pribadi guru. Kalau untuk siswa yang Luring, guru akan berkunjung setiap hari Sabtu untuk melakukan pendampingan, sekaligus evaluasi proses belajar selama satu minggu,” tutur Malawau.

Dengan teknis pembelajaran yang dilakukan itu, Malawau berharap, secepatnya wabah Covid-19 ini cepat berlalu. Supaya anak-anak didiknya kembali belajar dengan disekolah.

“Karena kalau PJJ ini terus berlanjut, kita punya anak-anak didik akan semakin sulit dalam belajar. Beryukur orangtua yang mampu. Tapi kalau yang tidak mampu, pasti akan terus mengeluh karena terbatas dari segi fasilitas,” pungkasnya. (LAM)

Comment