by

Sekolah Komitmen Siswa Tetap Belajar

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 15 Ambon, Marcus Mailoa, mengatakan anak-anak didiknya akan tetap belajar diditengah situasi pandemi Covid-19 ini. Sebab itu sudah menjadi komitmen sekolah sebagai Satuan Pendidikan (SP), bahwa dalam kondisi terpuruk sekalipun, anak-anak akan tetap belajar.

“Itu komitmen kita, bahwa apapun situasi dan kondisi yang dihadapi, anak-anak ini harus tetap belajar. Karena kita tidak ingin anak-anak ini tertinggal. Karena itu, berbagai cara akan kita lakukan. Yang terpenting, mereka bisa belajar,” ujar Mailoa, Selasa (28/7).

Situasi dan kondisi dunia pendidikan saat ini bukan hal baru bagi masyarakat di Provinsi Maluku, khusus Kota Ambon. Menurutnya, sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini, sudah seringkali terjadi musibah yang berakibat pada proses belajar yang tidak berjalan maksimal.

Karena itu, Mailoa percaya, musibah non alam ini juga akan berlalu pada saatnya. “Kan bukan kita baru merasakan situasi ini. Mulai dari konflik, bencana banjir, gempa bumi hingga Covid-19 ini. Semua membuat sekolah tidak belajar dengan maksimal. Karena itu, saya sangat percaya, mental kita sudah kuat hadapi situasi ini. Walaupun sebenarnya, banyak yang terpuruk di tengah Covid-19 ini, anak-anak tidak Ujian Nasional (UN), naik kelas dengan hanya sedikit pengetahun. Kasihan juga lihat perkembangan mereka. Karena itu, ditengah pandemi ini, kita terus membangun komitmen bersama agar anak-anak harus tetap belajar,” ujarnya.

Memang akuinya, disituasi pandemi Covid-19 saat ini, proses belajar mengajar berjalan tidak semaksimal seperti di sekolah. berbeda jauh bila prosesnya dilakukan secara tatp muka.

“Untuk itu, baik orangtua dan guru, mari kita saling membantu ditengah Covid-19 ini. Jangan kita saling menyalahkan, kemudian pesimis dengan keadaan yang ada. Intinya, tidak ada kata tidak untuk berikan pembelajaran kepada anak-anak di masa pendemi ini. Semoga wabah ini cepat berlalu, supaya kita bisa belajar dengan baik,” tandas Mailoa. (LAM)

Comment