by

Sekolah Komitmen Tetap Lakukan KBM

Ambon, BKA- Sejumlah sekolah telah berkomitmen untuk tetap melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun ajaran baru 2020/2021 pada 13 Juli mendatang.

Walau wabah Covid-19 masih terus menyebar di Maluku, khususnya di Kota Ambon, namun hal itu tidak akan menghambat proses KBM mendatang. Meskipun harus kembali dilakukan di rumah atau secara daring.

Kepala SD Negeri 2 latihan SPG Ambon, Rosina Hatu, mengungkapkan, proses KBM mendatang mungkin masih dilakukan secara onlinen atau jarak jauh, seperti seperti yang dilakukan tiga bulan terakhir ini.

“Kasihan dengan anak-anak, khususnya anak kelas I yang baru masuk sekolah. Karena itu, kita sudah komitmen untuk KBM harus tetap jalan. Dengan berbagai strategi yang sudah disiapkan dengan para guru. Ini nantinya akan disampaikan kepada orangtua,” ujar Hattu, Selasa (9/6).

Menurutnya, teknis belajar mengajar telah diautr. Sehingga pada proses belajar di rumah, nanti akan akan dikelompokan dalam beberapa kelompok dan didampingi oleh masing-masing guru kelas, untuk memaksimalkan pembelajaran di rumah.

“Jadi kita akan bagi dalam kelompok belajar pada titik-titik yang sudah ditentukan. Satu kelompok hanya 5 siswa, agar muda diatur jarak tempat duduknya. Dan pada masing-masing kelompok, nanti ada guru pendamping,” terangnya.

Hal itu dilakukan, kata Hattu, agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan maksimal. Karena tidak semua pelajaran dapat dilakukan oleh siswa sendiri, melainkan perlu ada pendampingan dari guru untuk mata pelajaran tertentu.

“Karena kasihan dengan siswa yang kelas I nanti. Mereka butuh pendampingan yang maksimal. Misalnya, pelajaran IPA dan IPS, itu memang harus ada guru yang menerangkan. Karena kalau hanya belajar sendiri, tidak cukup. Jadi kita sudah komitmen, untuk nanti pada tahun ajaran baru, kita belajar secara kelompok di rumah saja. Dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan,” tandas Hattu. (LAM)

Comment