by

Sekolah Masih Lakukan PPDB

Ambon, BKA- Sejumlah Satuan Pendidikan (SP) tingkat SD di Kota Ambon hingga saat ini masih melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Meskipun secara kalender akademik, proses tersebut sudah ditutup. Namun PPDB tahun ajaran 2020/2021 ini masih tetap berjalan.

Kepala SD Negeri 47 Ambon, Semol Wenno, mengatakan, PPDB dengan sistem zonasi ini masih dilakukan, karena proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun ajaran baru belum dibuka untuk tingkat SD dan SMP se-Kota Ambon, akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kini memasuki masa transisi.

“Jadi untuk saat ini, pendaftaran masih dibuka, karena sekolah juga belum dibuka akibat masih ada PSBB. Sehingga kita masih berikan ruang, jika ada calon siswa baru yang mau datang untuk mendaftar,” ujar Wenno, Rabu (22/7).

Hal itu dilakukan, katanya, bukan berarti ingin melanggar peraturan yang ada. Melainkan, karena proses KBM belum dilakukan, sehingga masih ada ruang bagi sekolah untuk menerima siswa baru.

“Artinya, sepanjang KBM belum dilakukan, sekolah pun bisa menerima calon siswa baru untuk mendaftar. Karena akibat pandemi ini, sejumlah orangtua tidak mengijinkan anaknya masuk sekolah. Karena itu, kita harus berikan ruang bagi mereka juga. Sebab kita tidak tahu kedepannya seperti apa,” ucapnya.

Dirinya mengaku, Covid-19 ini telah mempengaruhi berbagai lini kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Dimana jumlah siswa baru di tahun ini menurun.

“Kita punya jumlah siswa baru hanya 20 siswa, dari target 30 siswa. Kalau kita bandindkan, memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Tapi karena situasi, jadi harus kita syukuri, bahwa kita masih bisa terima siswa baru di masa pandemi ini. Kalau masih ada yang mau datang daftar juga bersyukur. Kalau tidak juga, ya kita harus tetap semangat untuk jalani tugas dan tanggung jawab yang ada,” tandas Wenno. (LAM)

Comment