by

Sekolah Minta Disdik Segera Tetapkan Standar Kelulusan SD

Ambon, BKA- Kepala Sekolah SD Negeri Inpres 28 Nania, Stev Salmon, meminta pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kota Ambon agar segera menetapkan satu standar kelulusan tingkat SD.

Hal tersebut, kata Salmon, agar masing-masing Satuan Pendidikan (SP) memiliki standar kelulusan, meskipun Ujian Nasional (UN) tidak dilakukan akibat pandemi Covid-19.

“Kami sangat berharap, ada standar itu. Supaya bisa jadi acuan bagi kami di sekolah. Jangan berikan kebebasan kepada sekolah tentukan standarnya masing-masing,” kata Salmon, Minggu (10/5).

Pasca UN ditiadakan, katanya, memang penentuan kelulusan sudah dipercayakan kepada masing-masing SP. Namun, tidak serta merta Disdik melepaskan semuanya kepada sekolah.

Menurutnya, pihak dinas mesti menentukan standar kelulusan agar bisa di gunakan oleh sekolah, sebagai patokan menentukan kelusan bulan Juni mendatang.

“Penentuan kelulusan, tidak semudah yang dibayangkan. Perlu standar nilainya, supaya menjadi ukuran bagi kita. Supaya mutu dari pada sekolah juga berkualitas, walaupun ditengah pandemi corona,” terangnya.

Namun, jika standar tersebut tidak digunakan, maka akan berdampak bagi perkembangan mutu pendidikan sekolah. Pasalnya, masing-masing SP akan menentukan standar penilaiannya sendiri dan pasti semua sekolah berbeda-beda.

“Karena itu, kami meminta kepada dinas, kalau bisa secepatnya menentukan standar tersebut. Mengingat, tahapan penilaian sementara dilakukan untuk diumumkan hasil kelulusannya di 15 Juni mendatang,” pungkasnya. (LAM)

Comment