by

Sekolah Swasta Jadi Pilihan Terakhir Di PPDB

Ambon, BKA- Dari tahun ke tahun, pada setiap pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sekolah swasta selalu dijadikan sebagai pilihan terakhor oleh calon siswa baru.

Kenyataan itu disampaikan Kepala SD Advent Ambon, Javed Kay. Menurutnya, kebanyakan calon siswa baru lebih memilih masuk ke sekolah negeri.

Alasannya, pada sekolah milik pemerintah, biaya yang harus ditanggung lebih murah dibanding sekolah swasta yang dikelola yayasan. Selain itu, fasilitas sekolah negeri juga kebanyakan lebih baik dibanding sekolah swasta.

Berbagai alasan itu yang menjadi salah satu faktor, sehingga siswa di sekolah negeri lebih banyak dari pada sekolah swasta. “Jadi, sistem zonasi juga bagus. Tapi mereka terkadang mencari sekolah yang negeri, unggul dan gratis. Itu yang membuat mereka lari dari sekolah swasta,” ucapnya.

Karena itu, katanya, meskipun PPDB terus menerapkan sistem zonasi, tapi sekolah siwasta tetap kekurangan siswa baru. Apalagi pada sekolah yang dipimpinnya saat ini.

“Tapi, kita terus melakukan PPDB sesuai dengan peraturan menteri dan dinas. Dimana, pada tanggal 19 Juni kemarin, kita sudah membuka pendaftaran. Walaupun sampai dengan saat ini, baru satu orang yang mendaftar, tapi kita akan tetap menunggu. Berharap, tahun ajaran 2020/2021 nanti, jumlah siswa baru di SD Advent lebih banyak dari tahun kemarin,” pungkas Kay. (LAM)

Comment