by

Sekolah Swasta Mulai Kewalahan

Ambon, BKA- Sejumlah sekolah swasta di Kota Ambon mulai mengaku kewalahan dimasa pandemi Covid-19. Terutama dari segi finansial, untuk operasional sekolah.

Kepala SD Kartika Ambon, B. Tuheay, mengakui, bahwa sekolah yang berstatus swasta seperti yang dipimpinnya, sangat merasakan dampak wabah global itu.

Berbeda dengan sekolah negeri, yang menerima banyak bantuan, selain dan BOS, yang sangat sangat membantu pembiayaan operasional sekolah. Sehingga mereka mampu memberikan bantuan pulsa dan pulsa data kepada guru maupun siswa

“Jadi mau dibilang, kita sekolah swasta ini seperti anak tiri. Tapi bersyukur sajalah, karena bagaimana pun kita juga mendapatkan bantuan dari pemerintah lewat dana BOS regular. Tapi kalau mau dibilang, kita ini kesulitan secara finansial. Mau berharap uang SPP, tidak mungkin. Sebab Covid-19 ini, membuat orangtua siswa juga kesulitan, apalagi kebanyakan dari orangtua siswa disini bekerja sebagai buru kasar. Sehingga tidak bisa kita paksakan mereka dari segi finansial,” ungkap Tuheay, Minggu (5/7).

Belum lagi, sekolah harus tetap membayar honorarium guru dan tenaga kependidikan secara penuh, termasuk pengeluaran untuk mendukung belajar di rumah.

Dengan demikian, Tuheay meminta, agar ada perhatian dari pemerintah, bagi sekolah yang berstatus swasta, guna menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar selama masa pandemi.

“Memang ada informasi, bahwa sekolah swasta akan mendapatkan bantuan dana afirmasi dan kinerja. Tapi tidak tahu itu benar atau tidak. Karena belum ada informasi yang disampaikan kepada kita. Jadi kita tunggu saja, semoga benar ada bantuan itu,” harapnya.

Memang sekolah swasta bukan milik pemerintah, namun keberadaanya sudah membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena itu, dirinya berharap, pemerintah juga bisa memberikan perhatian yang sama kepada mereka, selayaknya perhatian kepada sekolah negeri.

“Karna kami juga mamiliki tujuan yang sama, yaitu, mecerdaskan anak bangsa. Karena itu, supaya semua bisa berkembang, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, kami berharap bisa mandapatkan dana BOS afirmasi dan kinerja itu juga,” pungkas Tuheay. (LAM)

Comment