by

Sekolah Upayakan Perluas Akses Belajar

Ambon, BKA- Sejumlah sekolah di Kota Ambon tengah mengupayakan perluasan akses belajar mengajar di tahun ajaran 2020/2021, ditengah-tengah pandemi Covid-19.
Perluasan akses belajar mengajar itu dirasakan penting, karena pada masa pandemi Covid-19 ini, peserta didik terpaksa melaksanakan kegiatan belajar di rumah, baik melalui Dalam Jaringan (Daring) maupun Luar Jaringan (Luring).

Padahal tidak semua peserta didik maupun pendidik memiliki kemampuan untuk mengakses platform pembelajaran Daring secara optimal. Namun harus terus berupaya untuk memperluas akses belajar, menuju pembelajaran yang efektif dimasa pandemi ini.

Terkait hal tersebut, Kepala SD Inpres 22 Ambon, Ch Attamimi, mengatakan, pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan, yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran di masa pandemi.
Karena itu, katanya, berbagai kebijakan pemerintah itu harus dijemput oleh pihak sekolah. “Yang perlu dicatat, bahwa sesungguhnya dalam keadaan seperti ini, yang menjadi penting adalah berinovasi lewat pengembangan teknologi dan informasi. Karena itu yang menjadi modal, agar proses pembelajaran di tengah Covid-19 ini efektif. Sebab itu, sangat penting sekali, kita memperluas akses belajar secara online,” ujar Attamimi, Selasa (7/7).

Karena itu, katanya, meskipun dengan berbagai keterbatasan, pihaknya akan terus berupaya untuk memperluas akases belajar, terutama saat memasuki tahun ajaran 2020/2021 mendatang.

“Prinsipinya, kita ingin anak-anak belajar efektif dimasa pandemi ini. Sehingga berbagai upaya akan terus kita lakukan. Akses belajar harus dibuka seluas-luasnya. Bukan saja melalui aplikasi whatsapp, zoom, classroom, dan sebagainnya. Tapi, kita juga berharap, di tahun ajaran baru, website sekolah sudah selesai. Karena itu, yang akan kita gunakan dalam pembelajaran nanti,” pungkas Attamimi. (LAM)

Comment