by

Sekretariat DPRD Gelar Bimtek Protokol

Ambon, BKA- Sekretariat DPRD Maluku menggelar bimbingan teknik (Bimtek) Protokoleran dan Pembawa Acara. Bimtek ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Maluku, Bodewin Wattimena dan diikuti Staf Protokoler dan Humas Setwan Maluku.

Hadir sebagai pembicara dalam Bimtek tersebut yakni Plt Kepala Bagian (Kabag) Protokol Pemda Maluku, Fibra Bremer, Selasa (4/8).

Awali Bimtek, Wattimena mengatakan, bimtek protokoleran yang dilakukan sangat penting, mengingat bimtek tersebut merupakan tugas rutin dari staf sekretariat.

“Pelayanan yang baik ini bukan soal kita melakukan pelayanan rapat- rapat saja, tetapi tata cara kita melakukan pelayanan yang didalamnya ruang lingkup protokoler,” terang dia.

Dikatakan, melayani pimpinan dalam acara-acara, tata tempat, kemudian cara pelayanan ini yang dilakukan perlu dipahami dengan baik. Agar seluruh jajaran Setwan Provinsi Maluku tidak terkesan melakukan tugas dan tanggung jawab seadanya. “Maka itu, mesti paham bagaimana kita melakukan pelayanan itu sendiri,” ujarnya.

Menurut dia, selama ini seluruh acara dan kegaitan yang dilakukan di DPRD atau Pemda Provinsi Maluku selalu dibingkai dalam tata aturan keprotokoleran. Maka itu, lewat Bimtek yang dipandu oleh Plt Kabag Protokol itu diharapkan kedepan, Setwan Provinsi dalam tata cara pelayanan keprotokoleran lebih baik.

“Hari ini kita bersama dengan ibu Fibra dari Protokol Pemda. Beliau ini mempunyai segudang pengalaman bagaimana mengatur acara, bagaimana memenets acara, termasuk didalamnya bagaimana kita berperilaku dalam acara itu.

Ia juga berharap, seluruh jajaran yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menyimak dengan baik sehingga hasil dari kegiatan yang dilakukan itu dapat dipahami bagaimana melayani pimpinan dan anggota DPRD.

“Dengan begitu tidak ada lagi komplain dari anggota dewan soal tata cara berpakaian dan lain sebagainya. Dan staf sekretariat dapat merubah tata cara dalam pelayanan bagi pimpinan dan anggota dewan. Sehingga kedepan tidak ada lagi komplain dari anggota dewan,” harap Wattimena. (RHM)

Comment