by

Selama PSBB, Stok Sembako Aman

Ambon, BKA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, menjamin stok kebutuhan sembako selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon akan tetap aman.

Sekretaris Kota Ambon, Janes Aponno mengatakan, stok sembako saat ini di Kota Ambon masih cukup hingga dua bulan mendatang. Sehingga selama penerapan PSBB, stok sembako dijamin aman.

“Untuk stok sembako kita punya stok cukup untuk dua sampai tiga bulan ke depan. Baik itu beras, gula pasir dan barang-barang sembako yang lain itu cukup,” terang Aponno, kepada wartawan di Ambon, Jumat (26/6).

Diakuinya, tidak ada persoalan soal ketahanan pangan selama pelaksanaan PSBB berjalan. “Kalau beras lumayan banyak. Untuk ketahanan pangan kita selama dua bulan ke depannya masih cukup, khusus beras, gula, minyak goreng dan sebagainya itu,” tuturnya.

Menurutnya, masyarakat tidak harus membeli sembako dalam jumlah banyak lalu kemudian melakukan penimbunan sebagai bahan cadangan selama PSBB. Karena hal tersebut justru akan menimbulkan panic buying.
“Dihimbau masyarakat untuk tidak perlu panik untuk berbelanja sehingga terjadi penimbunan, khususnya untuk sembako dan barang-barang strategi lainnya,” pesannya.

Ia menilai, selama pelaksanaan PSBB pasar tradisional maupun beberapa pasar modern hingga toko-toko sembako dan toko yang menjual barang strategi lainnya akan tetap dibukan sesuai waktu yang telah ditentukan. “Jadi tok-toko terntu yang dibiarkan buka, walau memang waktunya dibatasi,” tambahnya.

Sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan stok yang ada dengan baik, guna memastikan masyarakat lainnya juga dapat memperoleh bahan makanan yang sama dan tidak ada yang tidak kebagian. (DHT)

Comment