by

Serahkan BLT Dana Desa, Bupati Konkep Warning Kades Terkait Anggaran Covid-19

Konawe, BKA- Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Amrullah menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa sacara simbolis dan warning para kepala desa terkait penggunaan anggaran virus corona atau Covid-19, Senin (4/5/2020).

Bantuan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Sebelumnya Bupati Konkep Amrullah telah menyerahkan secara simbolis BLT Dana Desa, di Kecamatan Wawonii Utara dan Kecamatan Wawonii Tenggara. Kini giliran secara simbolis Bupati Konkep menyerahkan BLT di Kecamatan Wawonii Barat.

Dengan didampingi Wakil Bupati Andi Muhammad Luthfi, Sekda Konkep Cecep Trisnajayadi, dan Ketua DPRD Konkep Ishak, serta satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Amrullah turun langsung sekaligus memantau penyaluran BLT Dana Desa untuk sejumlah warga, di Desa Bukit Permai, Desa Lanowatu, Desa Langara Bajo, dan Desa Langara Tanjung Batu, Kecamatan Wawonii Barat.

“Jangan main-main ya dalam penyaluran, jika ada yang berani, maka saya sendiri yang langsung menyeretnya ke penegak hukum,” tegas Amrullah.
Selain ‘mewarning’ para Kepala Desa (Kades), Amrullah juga menghimbau kepada para penerima BLT agar bantuan yang diberikan tidak disalah gunakan. Selain itu, ia juga mengajak seluruh warga agar berdoa bersama semoga pandemi virus Corona ini segera berakhir.

“Kita berdoa, semoga wabah ini cepat selesai,” ucap Amrullah.
Usai penyerahan secara simbolis untuk diketahui, besaran anggaran tiap Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa yakni Rp. 600.000 untuk setiap bulannya selama 3 bulan yakni, April, Mei, dan Juni tahun 2020 ini.

Untuk diketahui, Permendes PDTT Nomor 6 tahun 2020 Perubahan atas Permendes PDTT nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 mengatur gampong yang menerima Dana Desa Rp 800 juta mengalokasikan BLT maksimal sebesar 25 persen dari jumlah total Dana Desa yang diterima. Selanjutnya, gampong yang menerima Dana Desa Rp 800 juta-Rp 1,2 miliar mengalokasikan BLT maksimal 30 persen dari total Dana Desa yang diterima. Lalu, gampong yang menerima Dana Desa Rp 1,2 miliar mengalokasikan BLT maksimal 35 persen.

Besaran BLT-Dana Desa yang diterima keluarga rentan -–keluarga penerima manfaat (KPM) di luar penerima bansos PKH dan program bantuan pangan atau BPNT dan KPM yang tidak masuk ke dalam Data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)— per bulan Rp 600 ribu per keluarga.
14 Kriteria penerima BLT.

Adapun 14 kriteria tersebut ialah luas lantai <8m2/orang, lantai tanah/bambu/kayu murah; dinding bambu/rumbia/kayu murah/tembok tanpa plester; buang air besar tanpa fasilitas/bersama orang lain, penerangan tanpa listrik, air minum dari sumur/mata air tak terlindung/sungai/air hujan, bahan bakar kayu bakar/arang/minyak tanah; konsumsi daging/susu/ayam hanya 1 kali per minggu, satu setel pakaian setahun; makan 1-2 kali per hari; tidak sanggup berobat ke puskesmas/poliklinik; sumber penghasilan KK petani berlahan <500m2, buruh tani, buruh nelayan, buruh bangunan, buruh perkebunan, pekerjaan lain berupah kurang dari Rp 600 ribu per bulan; pendidikan KK tidak sekolah/tidak tamat SD/tamat SD, dan terakhir: tidak memiliki tabungan/barang mudah dijual minimal Rp 500 ribu. (int)

Comment