by

Sinergitas Pemerintah Dengan Media Penting Bagi Pembangunan

Ambon, BKA- Direktur Harian BeritaKota Ambon, Rifan Riusanto, berkunjung ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Maluku, Rabu (22/7).

Kunjungan Direktur BeritaKota Ambon dalam rangka silaturahmi tersebut disambut langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, bersama Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Maluku Agung Rektono Seto.

Tidak menunggu lama, setelah saling memperkenalkan diri, suasana akrab dalam obrolan santai langsung tercipta. “Terima kasih, bapak telah bersedia menerima kunjungan kami. Ini merupakan kunjungan pertama kami di Kanwil Kemenkumham,” kata Direktur BeritaKota Ambon, Rifan Riusanto.

Menurut dia, sangat penting bagi perusahaan media untuk menjaling silaturahmi dengan instansi pemerintah, termasuk Kemenkumham, agar tercipta hubungan yang baik, guna memperluas jaringan informasi media.

Sebab perusahaan media, kata Riusanto, tidak bisa dipungkiri sangat bergantung dari berbagai informasi, yang kemudian diolah untuk disampaikan kepada masyarakat.

“Jadi sangat penting bagi kami untuk menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah, termasuk pihak kanwil Kemenkumham, agar bisa memperoleh berbagai infomasi yang menarik, untuk kemudian disampaikan kepda masyarakat,” ujarnya.

Terkait hal itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, mengapresiasi kunjungan Direktur Harian BeritaKota Ambon, Rifan Riusanto. “Terima kasih sudah mau berkunjung di kantor kami,” katanya.

Katanya, sinergitas antara pemerintah dengan pihak perusahaan media sangat penting. Terutama dalam mensosialisasikan berbagai program-program pembangunan, agar dapat diketahui dan dimengerti oleh masyarakat.

“Misalnya di kami (Kanwil Kemenkumham,red), banyak program yang kami miliki. Namun itu semua tidak bis diketahui bila tidak ada media yang memplikasikannya,” terangnya.

Menurutnya, memang terkadang dalam suguhan berita yang disampaikan oleh media, terkesan menyudutkan pemerintah. Namun hal itu tidak lepas dari fungsi media sebagai fungsi kontrol.

“Kalau ada kritikan, itu biasa. Asal kritikannya adalah kritikan membangun. Karena kritikan juga bagian dapat membuat kita agar dapat terus meningkatkan kinerja,” pungkasnya.(**)

Comment