by

Sistem Zonasi Berikan Keuntungan

Ambon, BKA- Sistem zonasi yang diterapkan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) banyak memberikan keuntungan. Baik bagi siswa, orangtua serta guru. Seperti yang dirasakan oleh SD Negeri 96 Ambon.

Kepala SD Negeri 96 Ambon, J. Sialana, mengaku, cukup terbantu dengan adanya sistem zonasi. Karena dengan usia sekolah yang baru memasuki satu tahun, namun respon masyarakat terhadap mereka cukup bagus.

Apalagi, katanya, memang SD yang berlokasi di kopertis, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, itu merupakan SD satu-satunya yang berada di kawasan tersebut. Otomatis, calon siswa baru yang berada dalam zonasi, akan memilih masuk sekolah tersebut.

“Jadi, zonasi ini sangat baik, karena bisa membantu. Apalagi dengan adanya Covid-19 ini, kan orangtua sudah mulai takut untuk menyekolahkan anaknya jauh dari rumah. Mereka justru bersyukur mendapatkan sekolah yang dekat dengan rumah. Antar jemput juga mudah, bisa jalan kaki. Tidak perlu naik motor atau angkutan lagi,” terang Sialana, Kamis (2/7).

Selain itu, dia mengatakan, sekolah yang dipimpinnya itu juga akan kedatangan siswa pindahan dari berbagai sekolah, khusus untuk siswa berdomisili di sekitar lingkungan sekolah itu.

“Karena kalau lebih dekat dengan sekolah, kan pasti bebas biaya transport. Sudah begitu, proses PPDB tidak dilakukan secara bebas. Ini yang secara tidak langsung sudah mengikat para calon siswa, sehingga tidak bisa memilih sekolah yang jauh atau sekolah favorit,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut dia, pihaknya akan tetap berupaya, agar proses PPDB berjalan dengan maksimal. Serta terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya, agar bisa menjadi sekolah pilihan masyarakat di waktu yang akan datang.

“Kita akan tetap berusaha, untuk tingkatkan mutu pendidikan di sekolah ini. Paling tidak, masyarakat atau orangtua yang sudah menyekolahkan anak-anaknya di sekolah ini, tidak merasa rugi. Itu yang mesti kita jaga, agar sekolah ini bisa terus bekembang, meskipun dari segi usia, kita baru berusia 1 tahun,” tandas Sialana. (LAM)

Comment