by

Siswa Bebas Belajar Apa Saja di Rumah

Ambon, BKA- Siswa kini diberikan kebebasan untuk belajar apa saja di rumah, sesuai dengan keinginan mereka.

Kepala SD Inpres Latta, R. Lerebulan, mengatakan, kebebasan itu diberikan kepada siswa agar mereka memiliki semangat untuk tetap belajar di rumah.

Artinya, jelas Lerebulan, siswa tidak hanya belajar dari buku pelajaran saja, tapi juga bisa belajar keterampilan dari orangtua, sebagai upaya untuk meningkatkan minat dan bakat mereka selama berada di rumah.

“Itu dilakukan agar anak-anak ini tidak jenuh. Jadi, selain kita memberikan motivasi untuk mereka tetap belajar dari buku tema yang sudah disiapkan, kita juga berikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan ketrampilan lewat orangtua. Seperti latihan vokal, suling bambu, pianika serta kerajinan tangan, bahkan melukis dan hobby lainnya. Dan itu tetap kita apresiasi berupa pemberian nilai, agar mereka tetap semangat,” tutur Lerebulan, Senin (4/5).

Menurut Lerebulan, hal tersebut dilakukan karena sekolah tidak sekedar belajar untuk mengejar ilmu pengetahuan, tapi juga berupaya menjaga agar siswa tetap terjaga dari penularan virus corona atau Covi-19. Sehingga pihaknya terus berupaya agar anak-anak didiknya tetap belajar di rumah.

“Saya sebagai pimpinan, selalu mendukung pemerintah untuk sama-sama kita mencegah virus ini, dengan tetap mengikuti arahan dan himbauan pemerintah, dengan tetap mengontrol anak belajar di rumah,” tuturnya.

Jadi sekarang, tugas-tugas yang diberikan guru selalu bervariasi. Tidak lagi memaksakan. Mereka bebas belajar. “Yang terpenting, kita selalu mengontrol dan selalau memberikan apresiasi, dan nilai bagi anak-anak, walaupun itu hanya lewat wathsaap. Kita semua tetap berdoa, supaya Covid 19 ini segera berakhir, dan anak-anak bisa belajar kembali di sekolah seperti biasa,” tandas Lerebulan. (LAM)

Comment