by

Siswa Diminta Manfaatkan Buku Selama Belajar Luring

Ambon, BKA- Siswa SD Negeri 6 Ambon diminta untuk memanfaatkan buku pelajaran yang sudah dibagikan oleh sekolah selama belajar Luring.

Hal itu disampaikan Kepala SD Negeri 6 Ambon, Lily Mesfer, karena tidak semua siswa di SD itu memiliki smartphone untuk dapat mengikuti pelajaran secara Daring.

“Jadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang kita lakukan, disesuaikan dengan kemampuan orang tua juga dan keterbatasan sekolah. Sehingga atas kesepakatan bersama orangtua, kita bagikan buku kepada siswa yang tidak memiliki Hp android untuk belajar di rumah. Ini kita lakukan agar mereka bisa mengikuti proses pembelajaran selama di rumah,” ungkap Mesfer, Minggu (6/9)

Dengan adanya pembagian buku bagi anak-anak didiknya, itu dapat dimanfaatkan dengan baik selama di rumah. Karena kondisi pandemi Covid-19 di Kota Ambon, belum dapat diprediksi kapan berakhir. Sehingga orangtua pun diharapkan untuk tetap mendampingi anak selama proses belajar dirumah

“Itu yang sangat dimintakan, khusus yang tidak punya fasilitas Daring ini, agar bisa memanfaatkan buku dengan baik. Sebab kalau proses PJJ ini berjalan terus, mereka akan semakin sulit untuk mendapatkan pelajaran. Jadi untuk sementara, gunakan buku dulu. Nanti kalau Kota Ambon sudah kembai zona hijau, baru mungkin kita bisa belajar tatap muka lagi,” harapnya.

Memang proses belajar mengajar yang dilakukan secara PJJ tidak seefektif belajar tatap muka, namun dirinya berharap siswa dapat terus semangat untuk belajar di tengah pandemi Covid-19 ini. Sehingga pendampingan orangtua terhadap belajar anak sangat diharapkan.

“Karena kalau hanya berharap guru, sama halnya dengan kita telah membiarkan anak-anak di rumah tanpa belajar. Sebab guru terbatas karena situasi saat ini. Sehingga perlu kerjasama. Jadi guru siapkan materi, orangtua yang mendampingi selama mereka belajar. Kalau ada kesulitan, baru telepon guru atau datang ke sekolah untuk sampaikan kepada guru. Ini yang kita harapkan dari proses PJJ ini,” pungkas Mesfer. (LAM)

Comment