by

Siswa Kurang Mampu Butuh Perhatian Sekolah

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 61 Ambon, J. Haumahu, mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 saat ini, siswa yang kurang mampu sangat membutuhkan perhatian dari sekolah.

Perhatian dari sekolah, kata Haumahu, bukan saja dari segi akademik, tapi juga lewat bantuan-bantuan untuk menunjang keberlangsungan hidup mereka di masa pandemi ini.

“Bagaimana mungkin mereka bisa belajar dengan baik, kalau kebutuhan hidup setiap hari tidak kita perhatikan. Ini yang harus kita lihat, agar mereka juga bisa tetap bertahan disituasi ini,” ujar Haumahu, Kamis (9/7).

Menurutnya, bencana non alam ini turut mempengharui semua lini kehidupan, termasuk berdampak bagi perekonomian keluarga. Karena banyak orangtua siswa yang harus kehilangan pekerjaan dan sebaginya.

Hal itu tentu akan sangat berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan hidup setiap hari. Karena itu, perlu perhatian. Bukan saja dari pemerintah, tapi juga dari lembaga pendidikan tingkat sekolah.

“Berbagai kebijakan kan sudah diambil oleh pemerintah. Salah satunya, memberikan kewengan kepada sekolah untuk mengatur dana BOS sesuai kebutuhan di tengah Covid-19. Kebutuhan yang dimaksudkan, bukan saja berupa pulsa maupun pulsa data, tapi juga dalam bentuk bantuan sembako, guna membantu orangtua dalam memenuhi kebutuhan setiap hari. Karena uang ini, mereka punya, jadi harus diperuntukan kepada mereka. Asalkan jangan untuk hal-hal yang tidak berguna. Sepanjang bisa dipertanggung jawabkan, kita lakukan itu,” paparnya

Dengan adanya perhatian dari sekolah, akan memberikan dampak bagi proses pembelajaran yang dilakukan. Sehingga orangtua juga akan lebih maksimal dalam mendampingi anak belajar di rumah

“Sebab kita tidak bisa paksakan orangtua maksimalkan perhatian kepada anak, kalau kebutuhan setiap hari saja sulit. Prinsipnya, anak-anak harus diperhatikan, khusus yang kurang mampu, supaya kebutuhan belajar mereka di rumah juga bisa terpenuhi dengan baik,” pungkas Haumahu. (LAM).

Comment