by

Siswa Naik Kelas Tidak Gratis

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 2 suli, Heny Leiwakabessy, mengatakan, untuk bisa naik kelas, setiap siswa harus berusaha. Harus belajar lebih giat agar dapat memenuhi syarat kenaikan kelas.

Salah satu syarat kenaikan kelas, yakni, harus melewati pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Meskipun saat ini, wabah virus corona terus meluas keberbagai daerah di Maluku dan mengganggu semua sistem, termasuk sistem pendidikan.

Namun tetap saja, bagi setiap siswa yang ingin mendapatkan hasil maksimal diakhir tahun pelajaran, harus melewati hal itu. Semua itu tidak bisa didapatkan dengan gratis atau mudah.

“Jadi, mereka naik kelas tidak gratis. Walaupun di tengah wabah Covid-19, kenaikan kelas harus mengutamakan prinsip fleksibilitas, berkeadilan, non-diskriminatif, serta tidak merugikan siswa,” kata Leiwakabessy, Jumat (5/6).

Memang telah ada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud), masing-masing Satuan Pendidikan (SP) telah diberikan kesempatan untuk melakukan penilaian akhir semester, berdasarkan nilai belajar di rumah.

Tapi pihaknya tetap berupaya agar, anak-anak didiknya dapat mengikuti ujian akhir, untuk mendapatkan nilai kenaikan kelas yang efektif.

“Agar mereka tidak mentah naik kelas secara gratis, maka kita melakukan terobosan-terobosan, seperti, menyiapakn hal-hal terkait pelaksanaan PAT. Menyusun soal-soal tes untuk nantinya dibagikan ke anak-anak,” katanya.

Setelah pelaksanaan PAT, lanjutnya, akan langsung dilakukan penyusunan nilai laporan pendidikan. Untuk selanjutnya diserahkan kepada orangtua pada 22 Juni mendatang. Dengan tetap mengacu pada protokoler kesehatan.

“Karena itu, semuanya tergantung proses PAT yang akan dilakukan tanggal 16 sampai 18 Juni nanti. Kalau selesai tepat waktu, maka tanggal 22 Juni, kita serahkan hasil kenaikan kelas. Jadi semua itu sudah kiat atur dengan baik, termasuk mengatur teknisnya, supaya berjalan tidak melanggar protokoler kesehatan,”tutur Leiwakabessy.

Untuk itu, pihaknya tengah mempersiapkan nilai kelulusan, dan penyusunan soal-soal pelaksanaan PAT, berkaitan dengan pengumuman hasil kelulusan, maupun kenaikan kelas.

“Itu yang sementara kita lakukan. Jadi tidak mentah mereka naik kelas begitu saja. Tapi berdasarkan proses. Harus melalui pelaksanaan PAT, supaya nilai yang dimasukan dalam laporan pendidikan nanti, itu benar-benar sesuai dengan apa yang diberikan oleh siswa selama tahun ajaran ini berlangsung. Semoga ini berjalan lancar sampai dengan selesai,” tandas Leiwakabessy. (LAM)

Comment