by

SLB Nania Berlakukan Piket Guru

Ambon, BKA- Sekolah Luar Biasa (SLB) Nania memberlakukan sistem piket guru selama Covid-19 masih terus mewabah di Provinsi Maluku.

Piket ini dilakukan, agar pelaksanaan pendidikan jarak jauh tetap berjalan dan siswa tetap bisa berkoordinasi dengan guru, meski saat ini masih belajar di rumah akibat pencegahan Covid-19.

Kepala SLB Nania, Endah Pertiwi, mengatakan, dengan latar belakang siswa yang penuh keterbatasan, maka pemberlakukan piket guru ini dinilai sangat membantu. Dalam hal memudahkan komunikasi serta koordinasi antara sekolah dengan orangtua maupun siswa, selama pandemi Covid-19.

“Jadi meski belajar di rumah, tapi kita tetap menerapkan piket guru yang dilaksanakan setiap hari di sekolah. Supaya orangtua yang mau koordinasi secara langsung, bisa datang ke sekolah. Ini dilakukan, karena adanya Covid-19,” ungkapnya.

Selain untuk memudahkan dalam koordinasi dan komunikasi, katanya, piket guru ini juga dimanfaatkan untuk proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sementara dilakukan.

“Jadi banyak hal yang kita manfaatkan dengan adanya piket guru ini. Baik untuk konsultasi orangtua dengan guru, tapi juga untuk pendaftaran siswa baru. Bahkan untuk membantu membersihkan halaman sekolah setiap hari,” ujar Pertiwi.

Sementara untuk proses belajar mengajar, menurutnya, sampai dengan saat ini tetap berjalan seperti biasa di rumah, dengan tetap diawasi oleh masing-masing wali kelas. Mereka tetap bertanggung jawab dalam setiap proses belajar yang dilakukan.

“Siswa masih tetap belajar di rumah. Dan masing-masing guru kelas terus melakukan komunikasi serta bertanggung jawab dengan siswanya. Nanti kalau ada kendala, baru orangtua datang ke sekolah untuk korodinasi dengan guru piket. Karena itu, setiap hari piket dilakukan. Agar proses belajar terus berjalan, baik guru maupun siswa,” tandas Pertiwi. (LAM)

Comment