by

SMA LKMD Laha Ambil Kesempatan Ditengah Covid-19

Ambon, BKA- Dampak Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) ternyata tidak hanya memberikan dampak negatif bagi lembaga pendidikan. Justru hal itu dimanfaatkan oleh SMA LKMD Laha untuk merekrut peserta didik baru, lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Memang upaya pemerataan peserta didik baru disemua sekolah telah dilakukan pemerintah, melalui penerapan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Tapi hal itu belum bisa menjamin pemeretaan penerimaan peserta didik baru disetiap sekolah, khususnya bagi sekolah swasta.

Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, SMA LKMD Laha sudah memiliki sekitar 20 siswa yang mendaftar. Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Kemungkinan jumlahnya akan bertambah.

“Meskipun demikian, kita tetap memberikan apresiasi positif buat Gubernur Maluku dan Kadis Pendidikan, yang menerapkan PPDB zonasi, meskipun ini bukan hal yang baru diterapkan,” ujar Kepala SMA LKMD Laha, Anwar Basirun, kemarin.

Menurutnya, sistem zonasi mungkin bisa diterapkan pada SMA favorit, baik negeri maupun swasta. Tapi tidak mungkin diterapkan bagi sekolah swasta yang kategori kecil.

Walau begitu, pihaknya tetap mentaati aturan pemerintah soal PPDB tersebut. Sehingga pemerintah perlu memperhatikan kondisi dan stiuasi sekolah, apa mungkin diberlakukan zonasi atau tidak.

“Kita ini, banyak siswa dari luar Ambon, seperti dari Seram, Buru dan kabupaten lainnya. Bahkan ada dari luar provinsi,” akuinya. (RHM)

Comment