by

SMK Primadarma Fokus Kesiapan PJJ

Ambon, BKA- Kesiapan pelaksanaan pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara Daring maupun Luring, menjadi salah satu fokus program kerja SMK Primadarma Ambon. Hal itu disampaikan Kepala SMK Primadarma Ambon, Mely Kakerisa, usai menggelar Rapat Kerja (Raker) tahun ajaran 2020/2021, Senin (20/7).

Pelaksanaan PJJ menjadi salah satu fokus pembahasan pada raker tersebut, karena hal itu memang telah memberikan tantangan tersendiri bagi Satuan Pendidikan (SP) dimasa pandemi Covid-19 ini.

Karena itu, kata Kakerisa, PJJ menjadi penting untuk dibahas, guna mencari solusi yang tepat, agar pola pembelajaran itu dapat berjalan secara baik.

“Jadi Raker tahun 2020/2021 yang kita lakukan hari ini (kemarin, red-), diminta untuk jangan berlama-lama, karena kondisi. Sehingga point-point penting yang kita bahas saja. Yang pasti, membahas soal kesiapan memasuki satu tahun ajaran baru. Satu diantaranya soal PJJ, dimana materi berupa RPP dan Silabus guru yang akan disiapkan, harus berbasis online. Karena memang kemungkinan kita akan lakukan PJJ dalam waktu yang lama. Ini yang kita bahas, supaya guru-guru bisa mempersiapkan diri terkait dengan semua materi ajar yang disiapkan,” ungkap Kakerisa, Senin (20/7).

Untuk melaksanakan PJJ, maka dibutuhkan kesiapan berbagai fasilitas sekolah. “Ini juga menjadi pokok bahasan kami di Raker tersebut. Jadi nanti akan diberikan bantuan pulsa kepada siswa dan juga guru, untuk membantu dalam pembelian pulsa atau pulsa data, guna menunjang proses PJJ ini berjalan lancar. Intinya, kita lebih banyak bicara soal kesiapan di satu tahun ajaran. Yang didalamnya, lebih fokus kepada PJJ,” tuturnya

Kakerisa berharap, semua keputusan yang telah diambil dalam Raker tersebut, dapat menjadi panduan dalam menjalankan tahun ajaran 2020/2021, khususnya mampu memberikan dampak positif lewat apa yang akan dilakukan. Baik bagi sekolah secara kelembagaan, guru sebagai pendidik, anak-anak sebagai peserta didik.

“Sebab apa yang kita lakukan nanti, akan dievaluasi pada tahun berikutnya. Bagaimana kinerja guru terhadap siswa. Paling tidak, siswa merasakan dampak yang luar biasa dari semua keputusan maupun kebijakan yang diambil oleh sekolah, khusus lewat Raker yang baru saja kita lakukan ini. Semoga semuanya berjalan lancar dan efektif,” harap Kakerisa. (LAM)

Comment