by

SMP 1 Amerere Tetap Melakukan UAS

Ambon, BKA- SMP Negeri 1 Amerere Watuwei, akan tetap melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS), pada 18 Mei mendatang.

Salah satu guru SMPN 1 Amerere Watuwei, Irene Termas, mengungkapkan, rencana pelaksanaan UAS ini didasarkan, bahwa sekolah yang berada di Desa Watuwei, Kecamatan Dawelor-Dawera, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) ini, masih terbebas dari penyebaran Covid-19.

“Sekalipun belum ada virus corona di sini, tapi pada saat UAS nanti, kita akan tetap mengikuti protokler kesehatan. Mencegah penyebaran penyakit ini di lingkungan sekolah maupun masyarakat,” ungkap Termas, Senin (11/5).

Untuk itu, katanya, teknis pelaksanaan UAS tersebut, kini tengah diatur dengan baik. Yakni, ujian kenaikan kelas itu tidak dilakukan di sekolah, Melainkan dilaksanakan di rumah masing-masing siswa. Metode ujian, disesuaikan dengan setiap guru Mata Pelajaran (Mapel).

“Jadi tergantung dari masing-masing guru Mapel. Bisa dengan cara membagikan soal ujian kepada masing-masing siswa. Atau juga dilakukan di rumah guru itu sendiri. Tapi dengan syarat, tidak boleh dalam jumlah siswa yang banyak. Itu berarti, harus ada jadwal ujian. Satu hari berapa orang. Karena kita sudah di ingatkankan untuk tetap jaga jarak. Antisipasi virus,” tuturnya.

Menurutnya, soal-soal ujian yang akan diberikan kepada siswa, hanya seputar materi yang sudah diberikan saat belajar di rumah, selama pandemi Covid-19.

“Karena itu, kalau siswa tidak belajar dengan baik di rumah, maka akan berpengaruh saat mengikuti ujian nanti. Sebab soal-soal ujian akan diambil dari materi yang sudah kita bagikan kepada siswa di rumah masing-masing. Jadi harus belajar dengan baik di rumah,” tandas Termas. (LAM)

Comment