by

SMP 4 Tes PPDB Tatap Muka

Ambon, BKA- Sejak Kota Ambon ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid-19 hingga masuk PSBB Transisi, aktivitas belajar mengajar di sekolah belum diizinkan Pemerintah Kota Ambon. Namun tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 4 Ambon diizinkan untuk melakukan tes secara tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy mengatakan, hanya SMPN 4 Ambon saja yang baru diizinkan oleh Pemerintah Kota untuk dapat melakukan tes PPDB secara tatap muka.

Dan untuk tes tersebut telah dilaksanakan dengan jumlah peserta yang mengikuti tes sebanyak 356 siswa. “Sekitar 356 itu sudah selesai dan itu tatap muka di SMP 4,” ungkap Fahmy, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (23/7).

Ia mengaku, diberikan izin untuk SMPN 4 Ambon oleh Pemerintah Kota Ambon karena sekolah tersebut dinilai sudah memenuhi standar yang ditentukan untuk dapat melakukam perkumpulan di sekolah.

Sementara sejumlah sekolah lain di lingkup Pemerintah Kota masih belum diizinkan untuk melakukan tes secara tatap muka dengan adanya covid 19 saat ini.”Sementara yang lain-lain itu belum ada kegiatan sama sekali karena belum dapat ijin,” tuturnya.

Menurut dia, untuk pembatasan maupun izin untuk melakukan aktivitas secara tatap muka di sekolah masih belum dilakukan karena ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk mencegah adanya penyebaran terhadap siswa.

Dituturkan, untuk izin kepada sekolah dimasa PSBB Transisi ke new normal kemungkinan dapat diberikan oleh Pemerintah Kota kepada sekolah.

Namun harus menunggu keputusan dari Walikota Ambon selaku pemimpin daerah. “Saya kira dari transisi ke new normal, sepertinya sudah bisa tunggu kebijakan pak wali,” bebernya.

Fahmy berharap, sekolah yang ada dapat memaklumi kebijakan tersebut dan tetap mematuhi aturan yang ada. Sebab, Kota Ambon saat ini sudah memasuki zona orange dan sedang diupayakan untuk masuk dalam zona kuning.

Diharapkan tidak ada cluster baru untuk penyebaran virus tersebut. Sehingga Ambon dapat masuk dalam fase new normal dan masyarakat dapat beraktivitas seperti normal kembali tanpa ada pembatasan yang dilakukan.

Terutama bagi siswa yang saat ini juga melakukan aktivitas dari rumah baik untuk tes PPDB secara daring maupun belajar secara daring, untuk mencegah adanya perkumpulan dalam jumlah yang besar. (DHT).

Comment