by

SMP Negeri Nohowali Bagikan Masker Kepada Siswa

Cegah Penyabaran Covid

Ambon, BKA- Berada di salah satu kawasan terluar Indonesia, bukan berarti mengabaikan himbauan pemerintah terkait protokuler kesehatan dalam pencegahan penularan Corona Virus disease 2019 (Covid-19). Seperti yang dilakukan SMP Negeri Nohowali.

SMP Negeri Nohowali merupakan salah satu sekolah yang berlokasi di Kecamatan Kisar Utara, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Sekolah yang berada di Selat Wetar dan merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Timur Leste, membagikan masker gratis kepada puluhan siswanya, Kamis (14/5).

Memang sampai saat ini, kasus corona di Kabupaten MBD masih nihil. Tapi hal itu tidak lantas mengurangi tingkat kewaspadaan terhadap penularan virus tersebut.

Sehingga puluhan masker itu dibagikan sebagai salah satu protap kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebarang virus corna di tengah masyarakat.

Kepala Negeri Nohowali, Sophia T. Petrusz, ketika dikonfirmasi BeritaKota Ambon, mengungkapkan, pembagian masker yang ditujukan kepada siswa-siswi itu, selain untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, juga untuk menunjang proses pelajar siswa di SMP itu.

“Pembagian masker ini kita berikan untuk mencegah wabah corona, dan juga menunjang proses pembelajaran kelompok yang berjumlah lima orang. Ini kita lakukan sebagai solusi, agar proses belajar mengajar di sekolah ini terus berjalan,” ungkap Sophia.

Selain itu, lanjut dia, distribusi penyaluran masker kepada siswa tersebut dilakukan sesuai petunjuk teknis (juknis) yang diturunkan Kemendikbud yang disosialisasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten MBD.

Dari juknis itu, lanjutnya, pihak sekolah mengalokasikan sebagian Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020, untuk pengadaan masker.

“Jadi dari juknis itulah, kita pakai Dana BOS Tahap II untuk pengadaan masker bagi siswa. Memang dana tersebut belum dicairkan, karena sekolah masih libur. Namun pihak sekolah lakukan pengadaan lebih dulu, nantinya pada saat pencairan baru dibayarkan,” pungkasnya.(SAD)

Comment