by

Sopir Angkot Bakal Terima Bansos

Ambon, BKA- Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ambon, Robby Sapulette memastikan, pihaknya akan memberikan bantuan sosial bagi para sopir angkutan kota (angkot) yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Bantuan sosial akan diberikan berdasarkan KK dan KTP Ambon.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat, terutama sopir yang ada di Kota Ambon. Namun pembagian yang dilakukan lebih ditujukan kepada pemilik KTP Ambon, mengingat ada angkutan yang beroperasi di pusat kota tetapi bukan warga kota Ambon.

“Ini dilakukan supaya jangan menemui masalah di lapangan. Karena ada pengemudi yang tinggal di kabupaten lain, tetapi dia datang bawa kendaraan di Ambon. Jadi kita sudah konfirmasi dengan Dinas Sosial juga, supaya nantinya kita mintakan kepada mereka agar membawa KTP dengan kartu keluarga (KK),” terang Sapulette, kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (16/6).

Selain itu, pihaknya akan meminta bantuan masing-masing ketua trayek untuk mengakomodir seluruh administrasi para sopir. Dengan begitu, seluruh sopir angkot yang merupakan warga kota Ambon dapat terdata. Bahkan bantuan tersebut tepat sasaran, guna membantu sopir di tengah pandemi Covid 19.

“Nanti kita minta supaya ketua trayek itu dia bisa mengakomidir atau mengorganizer mereka dengan membawa KTP. Terus kemudian kartu keluarga mereka. Yang penting kita data mereka, bahwa mereka benar-benar pengemudi DE berapa, trayek mana supaya nantinya perhubungan akan melakukan kroscek dengan dinas sosial untuk itu,” tuturnya.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk meminimalisir agar jangan sampai terjadi tumpang tindih terkait bantuan sosial.

“Karena itu, kartu keluarga dia akan menjadi acuan dalam mengevaluasi data-data mereka. Makanya diminta kepada para koordinator trayek untuk segera mengumpul administrasi mereka, berupa KTP dan KK dengan nama mereka, mengemudi trayek apa dengan pelat nomor sekian,” tambah Sapulette.

Dengan begitu, nantinya Dishub Kota Ambon akan melakukan kroscek dengan Dinas Sosial, yang turut melibatkan pihak kecamatan dan kelurahan setempat. Agar dapat memberikan bantuan dimaksud.

“Untuk itu asopir harus melaporkan seluruh administrasi di RT dan RW setempat, supaya bisa dilaporkan ke Dishub agar administrasinya sama,” pesannya. (DHT)

Comment