by

Sosialisasi Prokes Harus Maksimal

Pemerintah Kota Ambon diminta untuk maksimal lakukan sosialisasi terhadap Instruksi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes) Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di kota Ambon.

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengatakan, karena Ambon telah ditetapkan kembali ke zona merah, maka ini menjadi tannggung jawab Pemerintah Kota dan seluruh pihak, termasuk masyarakat.

Sehingga setelah Inpres tersebut ditindaklanjuti, maka harus disosialisasikan seca maksimal dengan melibatkan seluruh jajaran hingga RT/RW.

“Sebaik apapun peraturan, kalau masyarakat juga tidak patuh protokol kesehatan, maka pandemi itu tidak akan selesai-selesai. Jadi siapapun itu harus patuh, dan Pemerintah Kota harus maksimal lakukan sosialisasi,” tandas Latupono, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Senin (11/8).

Sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon ini menilai, ketika Ambon kembali ke zona merah, maka ini bukan hanya kesalahan pemerintah dari sisi sosialisasi atau eksen di lapangan. Tapi juga menjadi kesalahan masyarakat karena tidak enjalanka protokol kesehatan dengan baik.

“Jadi pemerintah sudah membuat regulasi yang baik, kemudian sosialisasi. Tapi kalau masyarakat tidak patuh, ya sama saja. Maka untuk kembali ke zona orange hingga hijau, maka protokoler kesehatan harus dijaga. Sering cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, juga jaga imun tubuh,” sarannya.

Hal senada ditambahkan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Morist Tamaela. Menurutnya, jika Inpres tersebut telah sampai ddi daerah maka harus ditindaklanjuti dengan Peraturan Gubernur (Pergub) maupun dengan Peraturan Walikota (Perwali) sebagai bentuk pencegahan terhadap Covid-19.

Dan menurutnya, Inpres tersebut perlu dimaksimalkan, yakni dalam kebijaka di lapangan. Karena selama ini, kata dia, Pemerintah Kota juga terlihat sedikit longgar dan belum maksimal.

“Salah satunya belum wajib gunakan masker. Penindakan terhadap pelanggaran ini nilainya masih signifikan tapi faktanya sangat banyak sekali ketidakpatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Sehingga kita harap Pemerintah Kota lenih maksimal,” pintanya.

Politisi Nasdem ini menambahkan, Inpres tersebut wajib ditindaklanjuti dan diterapkan secara maksimal. Karena proses pencegahan Covid-19 ini sanga mudah jika jalankan protokol kesehatan dengan baik.

“Kalau misalnya hal itu tidak dibuat dalam aturan, maka sifatnya masih abstak artinya longgar. Tapi kalau diatur dalm regulasi ata sebuah aturan maka dari rumah pun orang sudah wajib pakai masker. Dan aturan ini harap dijembatani sampai di tingkat desa,” usulnya. (UPE)

Comment