by

SPP UKIM Akan Disuaikan Dengan Kemampuan Ortu

Ambon, BKA- Wakil Rektor Bidang Keuangan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), S.J. Heanussa, mengatakan, untuk proses registrasi ulang tahun akademik 2020/2021, akan dilakukan penyesuaian pembayaran SPP bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu atau biaya SPP disesuaikan dengan kemampuan orangtua.

Hal itu, katanya, memang berbeda dengan proses pembayaran SPP pada Semester Antara, berupa pemotongan pembayaran sebanyak 50 persen.

“Jadi di tahun akademik baru ini, tidak lagi ada potongan. Mahasiswa bayar full, tapi nanti disesuaikan dengan kondisi keuangan orangtua, karena masih dalam masa pandemi,” ungkap Heanussa, Selasa (25/8).

Dengan penyesuaian itu, kata Heanussa, nantinya akan diberikan berbagai persyaratan untuk dipenuhi oleh mahasiswa kategori kondisi keuangan orangtua lemah. Pasalnya, untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS), seperti UKIM, mendapatkan bantuan Uang Kuliah Tambahan (UKT) lewat kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendkibud).

“Kementerian punya bantuan itu ada untuk PTS swasta. Jadi, ada persyaratan bagi mahasiswa yang memang termasuk dalam ketegori tersebut. Tapi, kalau dari internal UKIM sendiri, tidak lagi ada potongan,” ucapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan kebijakan Mendikbud terkait dengan Bantuan UKT/SPP tahun 2020, akan diberikan bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya pendidikan karena pengaruh pandemi Covid-19, khususnya PTS yang berada di lingkungan LLDikti.(LAM)

Comment