by

Standar Kelulusan SD Belum Dipastikan

Ambon, BKA- Standar kelulusan tingkat SD sampai sekarang belum ditentukan. Bahkan apakah akan ada standar kelulusan yang digunakan, belum diketahui.

Kepala SD Negeri 5 Ambon, Amir Suailo, mengungkapkan, jenjang SD saat ini tengah melakukan penilaian terhadap siswa, dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud).

“Jadi kita tidak tahu, apakah nanti ada standar kelulusan atau tidak. Sebab pada tahun lalu, standar kelulusan kita 57. Dengan demikian, kalau secara normal, tahun ini, standarnya harus lebih. Tidak boleh turun. Tetapi karena kondisi sekarang ini, bisa saja standar itu tidak digunakan,” ujar Suailo, Selasa (5/5).

Meskipun demikian, kata dia, pihaknya akan meminta pertimbangan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, untuk mendapatkan kepastian terkait dengan standar kelulusan tersebut.

“Karena penentuan kelulusan tahun ini menjadi tanggung jawab sekolah secara utuh, jadi penilaian kelulusan tahun ini diambil dari nilai semester II waktu kelas IV dan V, serta semester I, kelas VI. Itu yang sementara kita lakukan penilaian. Sambil kita tunggu kepastian dari dinas soal standar kelulusan,” tutur Suailo.

Terkait dengan hal itu, kata Suailo, pihaknya akan tetap menyesuaikan dengan keputusan atau intruksi dari pihak Disdik Kota Ambon, kalau memang ada standar kelulusan yang ditentukan. Namun yang terpenting saat ini, penentuan kelulusan mendatang bisa berjalan lancar dan sukses.

“Kalau nanti keputusan dinas, sekolah tentukan standar kelulusan sendiiri, maka itu justru lebih memudahkan. Karena, kita sendiri yang tentukan nilai siswa sesuai dengan akumulasi nilai tiga tahun terakhir,” tandas Suailo. (LAM)

Comment