by

Stok APD Pemkot Mencukupi

Ambon, BKA- Saat ini, alat pelindung diri (APD) untuk mencegah Covid-19 yang dimiliki Pemerintah Kota Ambon mencapai 800 set. Belum lagi bantuan sejumlah bantuan APD dari berbagai pihak dan 500 APD yang sementara dijahit, sehingga dianggap mencukupi untuk penanganan Covid-19 di Kota Ambon.

“APD yang kita beli sendiri melalui Dinas Kesehatan oleh Gugus Tugas sudah tiba, itu APD sebanyak 800 buah. Sementara 500 APD punya kita sementara dalam proses penjahitan. Ada juga bantuan dari pemerintah provinsi dan beberapa pihak, dan ada juga bantuan APD yang diberikan kepada kita mengatasnamakan pribadi. Sehingga mencukupi untuk tangani Covid-19,” ungkap Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Ambon, Syarif Hadler, kepada wartawan dalam Konferensi pers di Posko Gugus Tugas Kota Ambon, Selasa (22/4).

Menurutnya, untuk 500 APD milik Pemerintah Kota yang sementara dijahit, dikarenakan stok APD pada seluruh distributor yang ada di pulau Jawa mengalami kekosongan.

“Kenapa harus jahit, karena persediaan distributor di pulau Jawa habis. Kita beli kain dan perdayakan para penjahit lokal untuk membuat APD,” ujarnya.

Selain itu, sebutnya, persediaan masker yang dimiliki saat ini berjumlah 770 box, vitamin C dan E serta multivitamin berjumlah 65.616 piece. Dan seluruh kebutuhan yang ada akan digunakan tim medis dan dinas terkait yang bertugas di lapangan. Seperti Satpol PP, Dishub, Damkar hingga Dinsos.

“Sedangkan untuk thermo gun, kita punya ada 93 buah, handscoon 150 box, rapid test 1.250, kemudian tempat spesimen 400 kit, serta tabung untuk hasil spesimen yang kita kirim untuk hasil swab itu 900 tabung. Alkohol swab 50 box, plesteran 1000 buah, insulin 300 buah,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, ada juga persediaan jas hujan sekitar 97 buah yang sebelumnya dipesan untuk penanganan Covid-19 ketika wabah tersebut pertama menyebar di Kota Ambon.

Sementara untuk bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku yang telah diterima, berupa masker N95 80 buah dan 3 alat rapid test untuk tahap pertama. Sementara untuk tahap 2, 50 baju hazmat beserta bebreapa stok lainnya seperti 300 masker kain.

“Terakhir ada bantuan dari staf khusus presiden itu 80 box masker sebanyak 4000 piece. Kemudian dari pak Andre rekan-rekan di BPKP tapi mengatasnamakan pribadi. Ada juga dari Gerakan Kasih Peduli Ambon itu bantuan APD berupa 100 set baju hazmat,” tutupnya. (UPE)

Comment