by

Stok Beras di Maluku Aman

Ambon, BKA- Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, stok beras yang ada di Perum Bulog Divre Maluku saat ini masih dalam posisi aman. Bahkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama beberapa bulan kedepan.

Kepala Perum Bulog Divre Maluku, Muhammad Taufiq mengatakan, saat ini stok beras yang dimiliki pihaknya berada dalam posisi aman. Stok yang dimiliki saat ini sebanyak 11.600 ton. Sementara stok beras untuk kota Ambon saat ini sebanyak 4.400 ton. Sedangkan untuk gudang di Kepulauan Kabupaten Tanimbar sebanyak 1700 ton dan gudang di kota Tual sebanyak 1600 ton.

Dengan stok tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir, karena stok beras dapat memenuhi kebutuhan masyarakat beberapa bulan kedepan walau dalam masa pandemi covid 19.

“Dengan jumlah stok yang ada, cukup untuk memenuhi permintaan hingga beberapa bulan ke depan,” sebut Taufik, kepada wartawan, Rabu (8/7).
Dijelaskan, untuk pengadaan beras di Bulog Maluku saat kekurangan beras, akan disuplai langsung dari Makassar dan Jawa Timur karena memiliki kelebihan stok beras.

Dengan begitu tidak perlu ada kekhawatiran yang dirasakan masyarakat, terkhusus bagi Kota Ambon dalam suasana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karena beras yang ada saat ini sudah aman. Dan jika kedapatan adanya kekurangan beras akan ada pengadaan lagi yang dilakukan dari Makassar maupun Jawa Timur.

Ia menjelaskan, Bulog sendiri akan mendapat beras lagi sebanyak 4.000 ton untuk menambah stok yang ada di Maluku.
“Yang jelas kalau sampai Bulog Maluku terjadi kekurangan stok, maka kita siap pengadaan dari Makassar atau Jawa Timur. Sebab stok beras harus ada di gudang, makanya itu dalam waktu dekat akan masuk lagi 4 ribu ton lagi” tuturnya.

Untuk memanfaatkan beras lokal, Bulog juga mengambil atau menyuplai beras dari salah satu kabupaten yang ada di Maluku, yakni Kabupaten buru.

“Bulog Maluku sekarang ini juga melakukan pembelian beras produksi lokal asal Kabupaten Buru, di mana sekarang sudah berhasil membeli 1.300 ton,” bebernya.

Taufik meminta masyarakat untuk tetap tenang, karena stok beras sendiri masih cukup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di Maluku khususnya di Kota Ambon. (DHT)

Comment