by

Sudah 4 ASN Pemkot Ambon Positif Corona

Ambon, BKA- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, sudah 4 aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Ambon yang terkonfirmasi positif corona virus disease 2019 (Covid-19). Salah satunya adalah Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) berinisial NJ.

Menurut Louhenapessy, tiga ASN yang terpapar positif covid 19 tersebut yakni 1 orang merupakan staf dari Dinas Sosial dan dua lainnya merupakan staf pelaksana pada Dinas Kesehatan (Dinkes) kota.

Dan saat ini, empat bawahannya itu telah ditangani dengan protokol kesehatan Covid 19. Yakni beberapa diantaranya ditempatkan pada ruang isolasi terpadu, sementara lainnya diarahkan melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat.

“Kepada mereka yang telah di konfirmasi itu telah di ambil langkah-langkah protokol kesehatan, isolasi mandiri dan ada juga yang isolasi terpadu,” ungkap, kepada awak media saat konferensi pers di ULA Balai Kota, Jumat (15/5).

Disebutkan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) hingga saat ini, tercatat sudah mencapai 14 orang yang merupakan ASN lingkup Pemerintah Kota Ambon.

“Yang PDP itu ada 18 ASN Pemkot. Dari seluruh PDP itu yang terkonfirmasi itu 4 orang, yang 1 pejabat Pemkot seorang kepala dinas, staf pada dinsos, 2 staf pelaksana pada Dinas Kesehatan Kota Ambon,” beber Louhenapessy.

Walikota dua periode ini menjelaskan, pasien yang terpapar tersebut merupakan petugas lapangan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan bukan mereka yang bekerja di kantor. “Seluruh pegawai pemerintah kota yang teridentifikasi ini, semua mereka pekerja yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Bukan mereka yang bekerja di kantor,” terangnya.

Ia menyarankan, agar ada kesadaran dari warga yang akan dilayani, untuk betul-betul menerapkan protokol keamanan penyebaran virus corona. Dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak maupun mencuci tangan sebelum bersentuhan dengan petugas lapangan, untuk meminimalisir resiko penularan.

“Ini mereka bersentuhan yang langsung dengan masyarakat. Maka itu Saya berkepentingan betul untuk masyarakat yang hendak dilayani itu, betul-betul taat pada protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan,” sarannya.

Dirinya berharap, ada dukungan penuh masyarakat untuk dapat bersama dengan pemerintah dalam memberantas penyebaran virus ini dan tidak anggap enteng dengan kondisi yang ada.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mari kita support, tapi jangan kita anggap enteng. Pemerintah terus berusaha untuk membuat yang terbaik, tapi kalau masyarakat tidak support itu akan berat bagi Pemkot,” pesannya.

Dan sesuai data terkini kasus penyebaran Covid-19 di Ktoa Ambon hingga Jumat kemarin turut menunjukkan angka kenaikan yang cukup signifikan. Dimana pasien yang masih dirawat mencapai 39 orang, sembuh 12 orang dan meninggal 4 orang.

Sehinggga meminta masyarakat untuk selalu mengikuti arahan pemerintah untuk tetap di rumah saja. Dan jika ada keperluan mendesak maka selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah.

“Jadi saya minta masyarakat harus taati betul apa yang dianjurkan oleh Pemerintah, demi kebaikan kita bersama,” harapnya. (DHT).

Comment