by

Syarat Kelulusan SMP Mengacu SE Mendikbud

Ambon, BKA- Syarat kelulusan tingkat SMP akan mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nomor 4 tahun 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19).

Kepala SMP Negeri 6 Ambon, Mon Timisela, mengatakan, dalam SE itu, jelas disampaikan bahwa, sekolah yang belum melakukan Ujian Sekolah (US) untuk tingkat SMP, kelulusannya akan ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir.

“Rata-rata SMP di Kota Ambon kan tidak melakukan US, karena Covid-19. Karena itu, kita tentukan nilai kelulusan dari nilai semester. Dan itu yang menjadi prinsip dalam penilaian kelulusan ini. Kalau nanti ada Petunjuk Teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan (Disdik), baru kita tinggal sesuaikan saja,” ujar Timisela, Selasa (5/5).

Karena itu, menurut Timisela, saat ini, pihaknya telah selesai merampungkan nilai masing-masing siswa. Tinggal menunggu waktu penentuan kelulusan, sebagaimana yang telah diatur Kemendikbud, 6 Juni mendatang.

“Jadi pada saatnya, kita tinggal umumkan hasilnya saja,’’ tuturnya.

Dia juga mengatakan, pada pengumuman hasil kelulusan mendatang, akan dilakukan secara online. Hal itu sesuai dengan kebijakan pemerintah.

“Kita harus siap untuk itu. Mudah-mudahan, pada waktunya, penyakit ini sudah selesai. Supaya anak-anak dan orangtua bisa datang di sekolah, pada saat umumkan hasil kelulusan,” pungkas Timisela. (LAM)

Comment