by

Tahun Ajaran Baru Ditunda

Ambon, BKA- Secara nasional, tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai pada hari ini, 13 Juli 2020. Namun di Kota Ambon, tahun ajaran baru belum bisa dimulai saat ini.

Penundaan tahun ajaran baru itu tidak terlepas dari kondisi Kota Ambon yang saat ini masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), guna menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, Merry Mairuhu, mengatakan, penundaan itu dilakukan hingga selesai masa pemberlakuan PSBB.

Hal tersebut, lanjutnya, sesuai dengan Peraturan Walikota Ambon (Perwali) Nomor 19 tahun 2020, yang menjelaskan, semua kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dihentikan untuk sementara waktu. Menunggu sampai ada peraturan lanjutan

“Jadi tanggal 13 Juli (Hari ini), belum bisa sekolah. Karena kita masa dalam masa PSBB. Sesuai Perwali Nomor 19, itu kan seluru kegiatan pendidikan dihentikan sementara,” ujar Mairuhu, Minggu (12/7)

Terkait kapan dimulainya tahun ajaran baru itu, kata Mairuhu, pihaknya belum dapat memastikan waktu yang tetap. Karena sampai dengan saat ini, belum ada informasi atau pun intruksi dari Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Untuk itu, dia meminta pihak sekolah, baik SD maupun SMP, agar tetap bersabar sampai dengan ada intruksi selanjutnya. “Sebab belum ada kepestian. Bukan saja kepada sekolah, tapi dinas juga lagi menunggu. Karena PSSB tahap II kan baru bisa selesai pada tanggal 19 Juli. Jadi kita tunggu saja sampai selesai PSSB dulu,” katanya.

Mairuhu berharap, dengan PSBB tahap II ini, Kota Ambon mengalami penurunan pasien Covid-19. Jika masih terjadi peningkatan, akan berdampak pada proses belajar mengajar di tahun ajaran baru ini.

“Kita berdoa, kalau Tuhan berkehendak, kita masuk zona hijau atau zona kuning. Karena pelaksanaan belajar mengajar tetap berpatokan pada perkembangan penyebaran virus di Kota Ambon. Semoga PSSB tahap II ini dapat membantu,” tandas Mairuhu. (LAM)

Comment