by

Tan Indra Bakal Gantikan Posisi Latumahina

Ambon BKA- Anggota DPRD Kota Ambon dari Fraksi Nasdem, Christian Latumahina yang baru saja meninggal dunia pada Sabtu (9/1) pekan kemarin, disebut-sebut bakal digantikan oleh Tan Indra Tanaya lewat proses Pergantian Antar Waktu (PAW).

Tan Indra sendiri, merupakan calon legislatif (caleg) Anggota DPRD Kota Ambon pada Pemilu Legislatif 2019 lalu. Dirinya merupakan suara terbanyak kedua, setelah almarhum Christian Latumahina, dari daerah pemilihan Sirimau 1.

Sehingga kemungkinan besar, Tan Indra yang merupakan salah satu pengurus Nasdem Kota Ambon ini bakal menggantikan posisi Almarhum Latumahina sebagai anggota DPRD Kota Ambon, melanjutkan sisa periode 2019-2024.

“Ya memang ini kan Nasdem masih berduka. Tapi kalau bicara soal PAW, tentu posisi pemenang kedua ada di saudara Tan Indra Tanaya. Karena dia (Tan Indra), adalah suara terbanyak kedua setelah almarhum pak Christian Latumahina,” ungkap salah satu pengurus DPD Nasdem Kota Ambon, yang enggan namanya disebutkan, Rabu (13/1).

Diakuinya, keputusan PAW tentu nantinya ada pada keputusan partai untuk merekomendasikan caleg suara terbanyak selanjutnya. Sebab, DPRD tentu hanya menerima usulan PAW dari partai yang bersangkutan.

“Kalau memang Tan Indra karena dia suara terbanyak kedua, yang pasti melanjutkan sisa periode. Ya bisa melanjutkan sisa perjuangan dari almarhum Christian Latumahina di sisa periode,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Kota Ambon, Mourist Tamaela, saat dikonfirmasi soal PAW tersebut, enggan berkomentar. Menurutnya, persoalan PAW belum dipikirkan partai Nasdem, karena masih dalam keadaan berduka.

“Nasdem kota Ambon masih berduka, belum bicara soal PAW,” singkat Tamaela.
Pantauan koran ini, Kondisi DPRD Kota Ambon masih sepi, pasca dilaksanakan Paripurna Istimewa Pelepasan Jenazah almarhum Christian Latumahina oleh DPRD kepada keluarga untuk dimakamkan, pada Senin (11/1).

Bahkan hingga Rabu kemarin, Balai Rakyat Belakang Soya ini masih tetap sepi dari aktivitas DPRD. Sebagian anggota dan pimpinan DPRD terlihat sementara melayat ke salah satu mantan Anggota DPRD Kota Ambon dua periode, yakni Max Pattiapon yang sempat menjabat para periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Dan belum ada agenda apapun yang dibahas oleh DPRD Kota Ambon. Bahkan dua hari kemarin, hanya beberapa anggota DPRD yang terlihat masuk kantor, sementara lainnya belum mau berkantor. (UPE)

Comment