by

Terapkan Sistim Pinjam Pakai Buku di Masa Pandemi

Ambon, BKA- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku, terus melakukan terobosan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin membaca buku. Salah satunya membangun kerjasama dengan kementerian/badan, desa/negeri serta lurah di Pulau Ambon lewat sistim pinjam pakai buku.

“Untuk sekarang yang sudah MoU dengan Lembaga Permasyarakatan Anak Kelas II Ambon. Jadi misalnya kita mengirim buku 250 exemplar, setiap tiga bulan akan ditarik, dan diganti baru lagi,” tutur Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku, Danny Indey, kepada awak media di kantor Gubernur, senin (22/02).

Pihaknya, juga telah membangun kerjasama dengan desa atau negeri di pulau Ambon, dalam mendukung program ini. Yakni negeri Hatu, Laha, Ema, Hukurila, Hitu Lama, dan negeri Hitu Mesing.

“Itu yang sudah kita bangun komunikasi di tahun 2020, dan di tahun 2021 ini ditindaklanjuti lakukan kerjasama,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga merencanakan program tersebut dilakukan di kecamatan Banda, jika KMP Bahtera Nusantara sudah kembali berjalan normal. Guna memberikan pelayanan menggunakan perpustakaan keliling. “Jadi kita jangkau terdekat yang bisa diakses menggunakan Ferry,” sebutnya.

Koordinasi dengan kabupaten/kota terkait program ini, kata Danny, akan dibahas dalam rapat kerja yang akan berlangsung tanggal 24-25 Februari pekan ini.

Ditanya terkait pelayanan di perpustakaan wilayah, Danny mengaku, sampai saat ini masih tutup untuk umum, kecuali mahasiswa dalam tahap penyusunan skripsi.
“Untuk layanan umum masih terbatas, hanya untuk mahasiswa yang mau susun skripsi diperbolehkan. Karena mereka butuh buku referensi, itu yang kita izinkan. Tetapi dengan syarat dengan membawa bukti Rapid Antigen,”pungkasnya.

Perpustakaan di masa pandemi, tambah dia, membuat pihaknya harus merubah strategi. “Karena jika berharap pada pengunjung perpusatakaan yang terbatas, maka nanti dalam istilah perpustakaan Baklon. Kita akan ke desa, panti asuhan yang ingin kerjasama, kita menggunakan sistim pinjam pakai buku,” imbuhnya. (BTA)

Comment