by

Tim Gugus Berhasil Evakuasi Jenazah Covid-19

Ambon, BKA- Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Maluku dan Kota Ambon, akhirnya berhasil mengevakuasi jenazah Covid-19 dengan inisial JAH dari rumah duka, untuk dimakamkan sesuai protap Covid-19.

Sesuai rilis Humas Setda maluku yang diterima BeritaKota ambon, kamis (20/8), sebelumnya, terjadi insiden perampasan jenazah JAH yang dilakukan pihak keluarga almarhumah JAH dari tangan petugas medis di RSUD Haillussy, pada 19 Agustus kemarin, sekitar pukul 18.25 WIT.

Namun tidak lama kemudian, Tim GTTP Maluku dan Kota Ambon, dibantu Kapolresta, Dandim, Sekkot Ambon, menadatangi kediaman keluarga almarhumah. Setelah melakukan mediasi, pihak keluarga sepakat untuk memakamkan jenazah almahumah sesuai protap Covid-19.

Setelah dilakukan mediasi dengan pihak keluarga oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Ambon (Kapolresta, Dandim, Sekot), Gugus Tugas Provinsi Maluku dan Direktur RSUD dr. M. Haulussy, akhirnya jenazah dapat dievakuasi dari rumah duka. Sementara itu, untuk proses pemulasaran almarhumah akan dilakukan di RSUD Dr Haullusy, yang diawali dengan do’a dari pendeta Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil-Kemenag) Provinsi Maluku, serta dihari keluarga dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Namun, sekitar pukul 01.40 WIT, jenazah dibawah ke Tempat Pemakaman Khusus (TPK) Covid-19 di Desa Hunuth, Teluk Ambon, Kota Ambon, untuk dimakamkan.

Pada pukul 01.40 WIT jenazah meninggalkan RSUD menuju TPU Hunuth. Prosesi pemakaman berjalan dengan lancar, dimulai pada pukul 02.30 WIT dan disaksikan oleh pihak keluarga. Tim relawan yang bertugas adalah tim PMI Provinsi Maluku.

Sekadar tahu, JAH masuk RSUD Haullusy sejak 14 Agustus 2020 lalu, dan menghembus nafas terakhir pada 19 Agustus 2020, sekitar pukul 12.30 WIT. JAH berusia 53 tahun, berasal dari Kota Ambon. Hasil swab-nya dinyatakan positif, sehingga kodetifikasi nomor kasus 1416.
(BKA-1)

 

Comment