by

Tim Hukum Bupati MBD Siap Lapor Penyebar Hoaks

Ambon, BKA- Tim hukum Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach, siap melaporkan penyebar hoaks yang menyerang nama baik klien mereka melalui media sosial Facebook.

Ketua Tim Hukum Benyamin Thomas Noach, Rony Samloy, kepada BeritaKota Ambon mengungkapkan, oknum atau akun penyebar berita hoaks terhadap Bupati MBD melalui dinding Facebook yang selama ini gencar dibincangkan khalayak ramai, sudah sangat merugikan pribadi kliennya.

Untuk itu, akan ditempuh jalur hukum, dengan melaporkan oknum pemilik akun itu, karena diduga telah melanggar Undang-Undang ITE.

“Dalam waktu dekat ini, kami tim hukum Bupati MBD, pak Benyamin T. Noach, akan melaporkan beberapa akun tersebut ke Ditreskrimsus Polda Maluku,” ujar Rony, Rabu (8/7).

Pengacara muda ini mengaku, saat ini, mereka sedang mempersiapkan bukti-bukti postingan dan bukti rekaman digital yang diduga telah menyerang pribadi Bupati MBD itu.

“Bukti postingan-postingan maupun bukti rekaman digital, kita sedang siapkan. Kalau tidak salah, mungkin besok (hari ini, red) 8 Juli, kami sudah melaporkan hal ini ke pihak Ditreskrimsus Polda Maluku,” terangnya.

Selain bukti yang dia sebutkan itu, ada juga bukti atribut-atribut lain yang diduga telah menyerang kehormatan pribadi kliennya. “Ada banyak sekali bukti yang kita kumpulkan. Sebab kita mengkaji, bahwa benar hal itu melanggar Undang-Undang ITE. Namun akan kita laporkan ke pihak kepolisian, biar melakukan penyelidikan terhadap hal ini,” terangnya.

Dia menambahkan, dari bukti-bukti yang telah terkumpul, ada beberapa orang yang diduga kuat secara terang benderang menyerang privasi praktisi PDIP itu. Sehingga hal ini harus dilaporkan ke pihak yang berwajid, karena telah melakukan perbuatan tindak pidana.

“Nanti kita laporkan, baru penyidik mulai melakukan penyelidikan, apakah perbuatan yang dilakukan di akun facebook ini benar atau tidak,” jelasnya.

Terkait akun mana saja yang akan dilaporkan, Rony belum mau membuka hal itu. “Kalau itu nanti laporannya sudah masuk di Polisi, baru kita sampaikan. Sekarang ini, kita belum mau kasih tahu, ini perbuatan siapa,” tandasnya.(SAD).

Comment