by

Tingkat Kelulusan SMP 100 Persen

Ambon, BKA- Sebanyak 6.640 siswa-siswi pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se kota Ambon, telah dinyatakan lulus 100 persen pada tanggal 5 Juni pekan kemarin. Meski tanpa proses ujian nasional, kelulusan siswa berdasarkan penilaian sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy mengatakan, untuk kelulusan SMP sendiri dilaksanakan dengan melihat pada perengkingan. Sehingga seluruh siswa yang telah dinyatakan lulus itu, dapat menyiapkan diri untuk mengikuti penerimaan peserta didik baru pada jenjang SMA.

“Kelulusan yang SMP kemarin itu 100 persen karena berbeda dengan tahun lalu. Kita tidak melihat pada rengking dan ini kan tidak ujian, jadi presentasi kelulusan 100 persen,” terang Fahmy, kepada wartawan, Senin (8/6).

Menurut dia, dengan presentase kelulusan yang mencapai 100 persen itu, kelulusan di tingkat SMP mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Selain untuk SMP, pihaknya juga sedang mempersiapkan untuk kelulusan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kota Ambon. Karena hasil kelulusan akan diumumkan pada hari ini.

“Tinggal kesiapan kita untuk tanggal 9 (hari ini) ini menyiapkan anak-anak SD yang mereka akan mendengarkan hasil pengumuman kelulusan,” tuturnya.

Disebutkan, untuk hasil kelulusan sendiri akan diberitahukan secara online maupun offline oleh pihak sekolah. Yakni untuk online sendiri, siswa maupun orang tua dapat memantau situs yang telah dipakai dan diberitahukan kepada orang tua sebelumnya oleh pihak sekolah.

Sedangkan untuk pengumuman secara offline, lanjut dia, guru yang ada akan menyiapkan satu lokasi yang dapat dikunjungi oleh siswa maupun orang tua untuk mendengar hasil kelulusan anaknya. Bahkan akan ada juga guru yang mengunjungi rumah setiap siswa untuk pemberitahuan tersebut.

“Dengan menggunakan sistem pengumuman online dan juga offline, yang nanti hasilnya diantara guru langsung ke tempat yang dianggap bisa dikunjungi oleh masyarakat. Atau memang langsung ke rumah-rumah yang bersangkutan,” tambahnya.

Fahmy berharap, siswa-siswi maupun orang tua dapat memantau informasi terkait pemberitahuan kelulusan yang disampaikan pihak sekolah dengan baik. Sehingga, saat mendaftar pada sekolah baru, dapat dengan mudah menyesuaikan. Mengingat untuk penerimaan siswa baru saat ini, menggunakan sistem online maupun offline.

“Lalu terkait penerimaan peserta didik baru, yang dalam hal ini kita tahu bersama dia menggunakan sistem zonasi. Dan zonasi juga menggunakan sistem online,” pungkasnya. (DHT)

Comment