by

Tingkatkan Motivasi Cegah Kejenuhan Siswa BDR

Ambon, BKA- Untuk mencegah kejenuhan siswa selama Belajar Dari Rumah (BDR), para guru terus memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap belajar.

Hal itu terus dilakukan oleh guru, disamping memberikan materi pelajaran kepada siswa, baik secara Daring menggunakan video pembelajaran, maupun secara Luring pada saat melakukan kunjungan belajar rumah.

Memang akuinya, sejumlah siswa mulai jenuh mengikuti kegiatan BDR.
Siswa mulai rindu dengan suasana belajar secara tatap muka di sekolah, karena bisa berinteraksi dengan guru dan temannya.

Kepala SD Negeri 93 Ambon, Ratna Rumatiga, mengatakan, jika ada jalan keluar dari sekolah untuk mengatasi persoalan tersebut, maka akan memberikan dampak bagi peningkatan mutu dan kualitas siswa itu sendiri. Sehingga selain memberikan motivasi, pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh ini harus memanfaatkan teknologi.

“Tidak ada cara lain, selain kita manfaatkan media teknologi. Sebab akibat BDR ini, anak-anak hanya belajar sendiri. Tidak ada teman dan guru. Bahkan mereka mengeluh, tidak bisa bermain dengan teman-teman seperti di sekolah. Ini yang membuat mereka kemudian jenuh dengan belajar setiap hari di rumah menggunakan buku maupun video belajar. BDR ini kan belum tahu kapan selesai. Karena itu, diperlukan pendorong untuk memotivasi mereka agar semangat belajar. Menurut saya, selain banyak cara yang nanti digunakan, pendampingan untuk memberikan semangat belajar kepada mereka itu penting. Mereka tidak boleh dibiarkan sendiri terus. Saya kira itu harus dimiliki untuk meningkatkan motivasi belajar,” paparnya.

Menurut Rumatiga, demi masa depan anak-anak didiknya, berbagai cara terus dilakukannya. Berharap, mereka tetap mengikuti proses belajar di rumah dengan baik.

“Apapun caranya, anak-anak ini harus tetap belajar. Untuk itu, saya terus dorong para guru agar tidak hanya fokus dengan materi pelajaran. Tapi juga meluangkan waktu untuk datangi siswa. Selain mendapingi belajar, tapi juga bisa memberikan motivasi dan penguatan kepada mereka. Itu sebenarnya yang paling kita harapkan,” tandasnya. (LAM)

Comment