by

Tolak Pasien Umum, DPRD Panggil Empat RSU

Ambon, BKA- DPRD Provinsi Maluku memanggil empat pimpinan Rumah Sakit Umum (RSU) di Kota Ambon, untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat.

Empat pimpinan RSU yang akan dipanggil oleh lembaga legislatif itu, yakni, Direktur RSU Alfatah, Direktur RSU Sumber Hidup, Direktur RSU Otto Kwik dan Direktur RSU Bhakti Rahayu.

Sekwan DPRD Maluku, Bodewin Melkias Wattimena, mengungkapkan, pemanggilan terhadap empat pimpinan RSU yang beroperasi di Kota Ambon itu dikeluhkan masyarakat, tidak menerima atau menolak melayani pasien umum, selain pasien Covid-19.

Selain memanggil keempat pimpinan RSU itu, Wattimena mengungkapkan, DPRD Provinsi Maluku juga akan memanggil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku untuk meminta penjelasan dan tanggapan.

“Besok, Senin (8/6), dewan panggil empat RS untuk rapat bersama. Ini untuk menanyakan keluhan masyarakat, apa betul atau tidak, empat rumah sakit tersebut menolak para pasien umum selama masa pasien Covid-19. Sehingga dari tim pengawas Covid-19 DPRD Maluku akan panggil mereka,” kata Wattimena, saat dihubungi via seluler, Sabtu (6/6).

Menurutnya, pemanggilan itu penting dilakukan untuk meminta perhatian keempat RSU itu, tentang pentingnya penanganan pasien umum di masa pandemi Covid-19 ini. Apalagi keempatnya bukan RS rujukan pasien Covid-19 di Kota Ambon.

“Rapat ini dilakukan untuk meminta perhatian mereka terkait pelayanan pasien umum diluar pelayanan pasien Covid-19. Sebab ada informasi, bahwa ada pasien-pasien yang ditolak,” ujarnya.

Karena itu, tambahnya, rapat yang akan dilaksanakan itu untuk mendengar penjelasan dari pihak pihak RS, agar jangan ada lagi penilaian yang subjektif terhadap rumah sakit, seperti yang dikeluhkan masyarakat di Kota Ambon. (RHM)

Comment