by

Total Pendaftar PPDB SMP 6 Lebihi Target

Ambon, BKA- Sejak dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada 19 sampai 21 Juni lalu, jumlah pendaftar di SMP Negeri 6 Ambon mencapai 732 calon siswa.

Kepala SMP Negeri 6 Ambon, Mon Timisela, mengatakan, total pendaftar tersebut sudah melebih kapasitas yang ditargetkan tahun ini.

Sebelumnya, pihaknya hanya memperkirakan hanya sebagian dari total itu saja, mengingat kondisi Kota Ambon saat ini yang tengah dilanda wabah Covid-19. Namun hasilnya berkata lain.

“Hanya 3 hari kita melakukan pendaftaran. Itu pun secara online saja. Tapi yang daftar sudah melebihi target. Yang kita siapkan, hanya 432 kuota. Saya juga kaget. Ini membuktikan, bahwa ternyata animo masyarakat terhadap SMP Negeri 6 Ambon sangat tinggi. Sekalipun ada Covid-19, tapi yang daftar sangat banyak,” ujar Timisela, Senin (22/6).

Dengan jumlah pendaftar yang membludak itu, kata Timisela, pihaknya dalam waktu dekat ini akan segera melakukan seleksi, sesuai keputusan Walikota Ambon Nomor 14 tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB tahun ini.

“Prosesnya tetap berjalan sesuai dengan Keputusan Walikota, yang telah mengatur secara teknis PPDB tahun ini. Sehingga, dengan adanya jumlah pendaftar yang banyak ini, kita akan tetap melakukan seleksi. Karena itu, besok (hari ini), kita akan mulai melakukan validasi. Kalau sudah selesai, barulah kita melakukan seleksi. Jadi ada sekitar 300 pendaftar yang akan kita lepas. Supaya bisa penuhi kuota yang ada,” tuturnya.

Banyaknya pendaftar di SMP Negeri 6 Ambon, katanya, terjadi karena tidak adanya pembatasan. Sehingga calon siswa dari SD mana saja yang berada di Kota Ambon, bisa dengan bebas mendaftar. Karena tidak disertai sistem zonasi.

Namun pada proses validasi data nanti, terangnya, baru akan diterapkan persyaratan sistem zonasi sampai dengan proses seleksi nanti.

“Jadi yang diterima pada PPDB 19 Juni kemarin itu secara umum. Nanti pada saat validasi data baru bisa diatur soal sistem zonasi. Tapi, luar biasa sekali. Banyak siswa yang ingin sekolah di sini. Banyak yang suka dengan SMP Negeri 6 Ambon. Semoga pada saat seleksi nanti, pendaftar yang tidak lulus, bisa terima itu. Dengan tetap semangat, jika diterima di sekolah yang lain,” pungkas Timisela. (LAM)

Comment