by

Traffic Pesawat dan Penumpang Menurun

Ambon, BKA- Arus penumpang pesawat terbang di Bandara Pattimura Kota Ambon, Provinsi Maluku, mengalami penurunan, menyusul pembatasan akses yang dilakukan pemerintah daerah, guna mencegah penyebaran virus corona.

Shared Services and CSR Manager PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Adityia Wibisono, membenarkan hal tersebut. Dimana traffic pesawat maupun jumlah penumpang mengalami penurunan sejak beberapa bulan terakhir.

“Rata-rata per harinya turun, 50 sampai 75 persen, baik traffic pesawat maupun jumlah penumpang, untuk daerah tujuan Surabaya, Jakarta melalui Makasar. Untuk penerbangan lokal ke kabupaten/kota, belum ada,” sebutnya.

Sementara untuk traffic muatan kargo, lanjutnya, cukup stabil. Namun trendnya memang sedikit menurun, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kalai tahun lalu cenderung stabil secara volume jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun ini. Tapi ada hari-hari tertentu justru meningkat dibanding tahun lalu. Sebagai contoh, pada tanggal1,2 dan 5 kemarin, masing-masing naik 181, 10, 84, persen. Sedangkan tanggal 3 dan 4 turun 12 dan 20 persen,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk akses keluar-masuk di Bandara Pattimura, masih seperti biasa. Kecuali ada tambahan penerapan protokol kesehatan, baik di kedatangan maupun keberangkatan.

“Seperti cek suhu posko gugus tugas covid. Kita juga sediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, tanda-tanda social distancing di lokasi-lokasi antrian dan ruang tunggu, publikasi himbauan protokol kesehatan,” tambahnya.

Intinya, pihaknya menerapkan semua protokol yang diatur, mulai dari tingkat nasional (kementerian) hingga himbauan pemerintah daerah maupuan kota, untuk gugus tugas percepatan penanganan covid-19. (KJH)

Comment