by

Transfer DAU dan DBH SBT ditunda

Sekda Minta dukungan Politik DPRD

Ambon, BKA- Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan salah satu kabupaten yang mendapat sanksi penundaan transfer Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) oleh Pemerintah pusat.

Saksi tersebut diberikan karena kabupaten tersebut terlambat menyampaikan laporan penyesuaian anggaran ke Kementerian Keuangan maupun Kementerian Dalam Negeri, terkait refocussing kegiatan dan realokosi anggaran yang dilakukan Tim Anggaran Pemda SBT bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD SBT, untuk penanganan corona.

Sebagai bentuk respon atas sanksi Pemerintah Pusat tersebut, Sekda Kabupaten SBT selaku koordinator Tim Anggaran, Syarif Makmur, meminta dukungan politik dari DPRD SBT, agar secepatanya ada kesepahaman didalam internal Tim anggaran Pemda.

Permintaan dukungan politik itu disampaikan Sekda Syarif Makmur, dalam rapat bersama Banggar DPRD SBT dan Tim Anggaran Pemda SBT, di gedung paripurna DPRD, Sabtu (9/5).

Dihadapan Ketua DPRD dan Anggota Banggar, Syarif Makmur, menjelaskan, bahwa keterlambatan laporan keuangan ke Pempus karena belum ada kesepahaman didalam internal Tim Anggaran Pemda. Sehingga melalui rapat tersebut, dirinya berharap ada dukungan dari para wakil rakyat untuk bisa mencapai sebuah kesepahaman.

“Kita tim anggaran sudah berulangkali menggelar rapat-rapat terbatas terkait dengan penyampaian realokasi dan refocussing APBD dalam penanganan Covid-19. Untuk itu, yang paling terpenting adalah kita mempercepat penyampaian laporan ke Menteri Keuangan, agar penundaan 35 persen ini segera disalurkan. Karena kalau tidak disalurkan pada bulan Mei ini, maka kemungkinan ada beberapa OPD dipastikan tidak bisa melakukan pelayanan,” ungkapnya.

Untuk itu, Syarif Makmur memohon restu dari pimpinan dan Anggota Banggar DPRD, agar secepatnya ada kesepakatan dan kebulatan tekad, sehingga ketentuan peraturan keuangan bisa dilaksanakan demi pelayanan masyarakat.

“Ya selaku koordinator Tim Anggaran dan Sekertaris Daerah, sekali lagi saya berharap dukungan bantuan dari pimpinan dan seluruh anggota Badan Anggaran,” pungkasnya. (LAN)

Comment