by

Tuntutan HMI Direspon Ketua DPRD Buru

Ambon, BKA- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Namlea mendatangi Kantor DPRD Buru, Rabu (15/7). Kedatangan mereka untuk menindaklanjutan tuntutan yang mereka sampaikan pekan lalu.

Kedatangan HMI Cabang Namlea itu disambut langsung oleh Ketua DPRD Buru, M. Rum Soplestuny, di dampingi Wakil Ketua, Djalil Mukadar, dan sejumlah Anggota DPRD Buru lainnya.

Ketua HMI Cabang Namlea, Indrawan Sowakil, mengatakan, ada tiga poin utama yang menjadi tuntutan mereka. Yakni, evaluasi anggaran Covid-19, copot Kadis Pendapatan, Asis Latuconsina, serta kembalikan honorer Pegawai Tidak Tetap (PTT)

“Harapan kami agar apa yang telah kami sampaikan bisa di akomodir oleh DPRD, karena kami bagian dari representasi rakyat. Tujuan HMI datang kesini, tidak lain hanyalah kepentingan rakyat dan tidak ada kepentingan apapun,” ungkap Sowakil.

Terhadap tuntutan itu, Ketua DPRD Buru, M. Rum Soplestuny, memberikan apresiasi kepada HMI Cabang Namlea, yang telah menyampaikan aspirasi mereka.

“Apa yang disampaikan kawan-kawan HMI hari ini (kemarin, red-), sudah kita bahas bersama eksekutif. Khusus mengenai PTT yang dirumahkan, karena dalam batang tubuh APBD sudah terpangkas 50 persen secara nasional untuk mengatasi Covid-19. Ini terjadi bukan di Buru saja. Tetapi DPRD juga akan memanggil Ketua Tim Badan Anggaran Eksekutif, dalam hal ini Pak Sekda, untuk dievaluasi kembali terkait dengan PTT yang dirumahkan,” katanya.

Selain itu, Lanjutnya, terkait dengan persoalan perselisihan Anggota DPRD dari Partai Nasden, Jhon Lehalima, dengan Kadis Pendapatan Kabupaten Buru, Asis Latuconsina, sudah dimediasi. Bahkan keduanya sudah saling memaafkan.

Untuk tindakan pemberhentian yang bersangkutan dari Pimpinan Organisasi Prangkat Daerah (OPD), kata Soplestuny, itu adalah hak prerogratif Bupati. “Tetapi saya juga sudah sampaikan ke pak Bupati untuk dievaluasi kembali,” tuturnya.

Sedangkan terkait anggaran Covid-19, terangnya, tentu DPRD melalui Tim Pansus akan terus mengawal penggunaan anggaran tersebut. Karena DPRD juga akan memberikan pertanggung jawaban terkait penggunaan anggaran Covid-19.

“Aspirasi kawan-kawan HMI ini juga bagian dari keinginan kita bersama untuk membangun Negeri Bupolo Tercinta ini. Jadi mari kita saling bersinergi demi kepentingan rakyat,” pungkasnya. (RHM)

Comment