by

UKIM Bantu Mahasiswa Di Luar Ambon

Ambon, BKA- Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) mengeluarkan kebijakan membantu mahasiswa maupun calon mahasiswa yang berada diluar Pulau Ambon.

Rektor UKIM, Dr. Jafet Damamain, mengatakan, kebijakan itu dibuat untuk memastikan mahasiswa maupun calon mahasiswa untuk nantinya dapat mengikuti proses perkuliahan.

Sedangkan khusus untuk seleksi mahasiswa baru di UKIM, katanya, hanya melakukan seleksi berkas, berupa nilai laporan pendidikan atau rapor.

“Kita tidak melakukan tes. Kita hanya menggunakan nilai semester I sampai semester V SMA atau SMK. Jadi soal tes, kami tidak memberlakukan itu. Dan itu sudah kita lakukan mulai dari gelombang I sampai sekarang ini,” terangnya.

Dia mengungkapkan, saat ini, telah ada sekitar 600 lebih calon mahasiswa baru yang mendaftar di UKIM. Baik yang berasal dari Pulau Ambon maupun dari luar Pulau Ambon.

Sehingga, lanjutnya, berbagai kebijakan itu dibuat untuk mempermudah calon mahasiswa yang sampai saat ini belum bisa datang ke Kota Ambon, agar bisa tetap mengikuti proses seleksi tanpa hambatan dan kesulitan.

“Ini sudah kita pikirkan dampak dari Covid-19. Sehingga kebijakan kita ambil untuk membantu saudara-saudari kita yang masih berada di kampung. Jadi pada saat mendaftar, mereka tinggal masukan nilai-nilai semester pendidikan terakhir yang diminta, beserta berkas pendukung lainnya, untuk daftar secara online,” paparnya.

Bukan hanya itu, lanjut Damamain, kampus ini juga sementara menyiapkan tutorial untuk mahasiswa yang masih berada di luar Pulau Ambon, agar bisa mengikuti proses perkualiahan dengan baik.

“Kita juga berharap, para senior yang sampai sekrang belum bisa balik ke Ambon agar dapat mendampingin mahasiswa baru maupun calon mahasiswa baru,” punkas Damamain. (LAM)

Comment