by

UKIM Tingkatkan Kerjasama Sukseskan Kampus Merdeka

Ambon, BKA- Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) akan meningkatkan kerjasama, untuk menyukseskan program Kampus Merdeka yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UKIM, J. Kuelju, mengatakan, pada tahun 2020 lalu, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan sejumlah kampus untuk kepentingan pertukaran mahasiswa.

Sedangkan untuk tahun 2021, katanya, UKIM telah memprogramkan untuk melakukan kerjasama dengan 11 kabupaten/kota untuk kepentingan magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL). Itu sebagai wujud kampus meresponi program Kampus Merdeka atau Merdeka Belajar.

“Tahun 2020 lalu, kita sudah kerjasama dengan Uiversitas Kristen (UK) Petra, UK Paulus, UK Maranatha. Dan tahun ini kita fokus pada 11 kabupaten/kota di Maluku. Kita sudah memulai dengan Kota Ambon pada beberapa waktu lalu. Jadi tinggal kita mengatur untuk turun ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk teknisnya. Kalau untuk di daerah lain, kita sementara upayakan untuk turun, tapi harus sesuaikan lagi dengan situasi dan kondisi sekarang, karena masih pandemi,” ungkap Kuelju.

Lanjut dia, akibat Covid-19, program Praktek Kerja Lapangan (PKL) memang belum dapat dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2020/2021 ini.

Namun katanya, hal itu tidak bisa disepelekan. Apalagi ditengah pandemi. Sehingga pihaknya sementara mengupayakan untuk memaksimalkan kerjasama, agar pada saatnya, tinggal mendistribusikan mahasiswa pada kantor-kantor maupun kampus-kampus yang ada.

“Untuk semester ini memang belum ada magang, karena pertimbangan Covid-19. Tapi kan pasti di tahun ajaran berikutnya dilakukan. Jadi kita harus upayakan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, supaya pada saatnya memudahkan kita dalam proses-proses itu. Mudah-mudahan, apa yang kita lakukan berjalan lancar dan jika Tuhan berkenan, di semester berikutnya sudah bisa berjalan,” harap Kuelju. (LAM)

Comment