by

Unidar Target 500 Mahasiswa Baru

Ambon, BKA- Universitas Darussalam (Unidar) Ambon, menargetkan sebanyak 500 mahasiswa baru pada penerimaan tahun ini. Untuk capai target tersebut, pembukaan pendaftaran dilakukan dalam tiga tahap.
Total jumlah pendaftar untuk tahap pertama dan kedua yang mulai, telah dibuka pada bulan April 2020, sebanyak 300 orang lebih.

Ketua Seksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unidar Ambon, Aliyah Rahman mengatakan, pihaknya awalnya pesimis kalau jumlah yang ditargetkan itu tidak bisa tercapai. Namun rasa pesimistis itu terbantahkan dengan jumlah pendaftaran pada tahap pertama dan kedua yang telah melebihi dari separuh target.

“Saya sampaikan bahwa, kisruh Unidar Ambon kala itu tidak berdampak pada penerimaan mahasiswa baru. Begitupun dalam situasi pandemi Corona saat ini,” ujar Aliyah, kepada awak media, Senin (20/7).

Ia menyebutkan, untuk memenuhi target 500 mahasiswa baru di tahun ini, Unidar Ambon juga akan kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahap ketiga. Yang akan berlangsung hingga 31 Agustus 2020 nanti.

“Seluruh rangkaian dan tahapan pendaftaran mahasiswa baru berlangsung online. Bahkan tes ataupun seleksi juga berlangsung online,” ucapnya
Namun ada yang beda dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Dimana untuk jalur Bidik Misi, tidak dilakukan pendaftaran bersamaan dengan jalur umum. Jalur Bidik Misi baru dapat dibuka setelah mahasiswa dinyatakan lulus.

“Nah, kalau sudah lulus baru mereka bisa mengusulkan diri untuk mendapatkan Beasiswa Bidik Misi. Selama mereka memenuhi syaratnya dan ada seleksi yang dilakukan universitas dan dipantau Dikti,” ungkap Aliyah.

Dia menegaskan, kebijakan kampus itu untuk memangkas Bidik Misi sebagai “Lahan” empuk mahasiswa baru. Sebab selama ini, para mahasiswa yang mendapatkan bantuan Beasiswa Bidik Misi itu ternyata tidak kuliah.
“Jadi kita asumsikan mereka menjadikan Bidik Misi ini sebagai lahan. Makanya di tahun ini agak ketat dan sistem seleksinya berubah,” tandasnya. (RHM)

Comment